Senin, 22 April 2024

7 Makanan dan Minuman Yang Bisa Merusak Gigi

Berita Terkait

Ilustrasi terlalu sering minum jus buah dapat memperburuk kesehatan gigi,  jus buah yang bersifat asam dapat mengikis enamel gigi. (id.theasianparent)

batampos – Makanan dan minuman yang dikonsumsi saat diet tidak semuanya baik bagi kesehatan gigi dan gusi. Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gusi.

Beberapa yang lain mungkin menyebabkan kerusakan berupa erosi gigi dan menyebabkan semakin berkembangnya bakteri penyebab penyakit mulut.

Baca Juga:Dian Sastro Bikin Game Salah agar Anak Lebih Pede

Dilansir dari Healthline, berikut tujuh makanan dan minuman yang dapat merusak gigi:

1. Soda, Soda diet dan minuman manis
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa soda dan minuman manis memiliki efek negatif bagi kesehatan termasuk kesehatan gigi dan gusi. Minuman manis bersifat asam dan menjadi bahan bakar bagi bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri penyebab gigi berlubang seperti Streptococcus mutans memakan gula dan memproduksi asam yang merusak enamel pada gigi.

2. Gula, Permen, dan sumber tambahan gula lainnya
Gula tambahan seperti sirup jangung yang memiliki fruktosa tinggi dapat berkontribusi terhadap kerusakan pada gigi dan memperburuk kesehatan mulut. Mengkonsumsi makanan dan minuman dengna gula tambahan tinggi dapat meningkatkan peradangan pada gusi dan menyebabkan kerusakan pada jaringan gusi.

3. Sereal manis
Beberapa produk sereal mengandung tambahan gula yang cukup tinggi sehingga meningkatkan erosi gigi dan penyakit gusi. Asupan gula tambahan menjadi faktor resiko paling tinggi penyebab gigi berlubang, dan memperburuk kesehatan mulut.

4. Roti dan olahan dari tepung
Mengkonsumsi karbohidrat olahan dan makanan ringan bertepung, seperti keripik kentang, dapat meningkatkan gigi berlubang. Mengganti makanan bertepung dengan sumber karbohidrat padat nutrisi seperti buah, ubi jalar dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan mulut.

5. Jus Buah
Mengkonsumsi jus buah terlalu sering dapat memperburuk kesehatan gigi, jus buah yang bersifat asam dapat mengikis enamel gigi, terutama pada jus anggur, jeruk, apel, dan lemon.

6. Alkohol
Konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan mulut kering yang dapat meningkatkan keasaman mulut yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri mulut, sehingga berdampak negatif pada kesehatan gigi dan mulut.

7. Makanan yang terlalu lengket dan keras
Mengunyah makanan keras dapat menyebabkan gigi retak, sedangkan mengunyah makanan yang terlalu lengket dapat menyebabkan tambalan pada gigi tercabut. Selain itu konsumsi makanan terlalu lengket terutama makanan manis dapat meningkatkan erosi pada gigi. (*)

Reporter: jpgroup

Update