Senin, 22 April 2024

10 Jenis Kertas yang Harus Anda Tahu! Apa Saja?

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

ilustrasi kertas. f. net

batampos– Tahukah Anda bahwa kertas memiliki banyak jenis? Mengetahui berbagai jenis kertas ini tentunya menjadi hal yang baik agar Anda bisa menggunakannya di aktivitas dan pemilihan media yang tepat.

Jika Anda memperkirakan seberapa besarnya peran kertas dalam hidup, Anda mungkin akan kesulitan melakukan penghitungan. Dari tisu yang ada di atas meja makan atau kamar mandi, hingga buku atau majalah yang Anda baca, Anda akan menemukan banyak sekali barang yang menggunakan kertas sebagai bahan utamanya. Tak salah jika banyak pabrik pengolahan kertas yang terus hidup dan berproduksi sampai saat ini.

Namun, di setiap penggunaan, ada bahan kertas yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas jenis-jenis kertas yang dimaksud, Anda bisa membaca informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Optimalkan Pengambilan Keputusan Perusahaan dengan Software HRIS

Apa Saja Jenis-jenis Kertas?
1.Kertas Grafis
Kertas grafis diproduksi dalam jumlah tertentu dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan majalah atau katalog. Kertas jenis ini memiliki potensi penggunaan yang luas, tergantung pada bagaimana Anda ingin menampilkan kesan yang ingin diciptakan.

Menggunakan kertas jenis ini, Anda bisa membuat katalog atau majalah dengan citra mahal, atau bahan publikasi yang tipis namun tetap memiliki kelas tersendiri. Sensasi yang ditawarkan mulai dari bahan yang mewah, mudah dan menarik untuk dibaca dengan bagian permukaan yang terlihat mengkilat. Anda bisa melihat dan memilih kertas jenis ini di Blibli.

2.Kertas Koran
Biasanya terbuat dari kertas daur ulang, kertas koran biasanya murah dan biasanya cukup kuat digunakan dalam proses pencetakan yang cepat. Beberapa kertas koran dibuat dari bahan serat buatan. Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk bahan cetak dalam jumlah banyak, termasuk di antaranya untuk koran atau leaflet murah.

3.Tisu
Kertas tisu memiliki kualitas yang tidak terlalu baik untuk digunakan sebagai media tulis. Namun demikian, kertas tisu memiliki kegunaan lain, di antaranya sebagai kertas serbet, handuk lap dari kertas dan juga tisu toilet. Kertas jenis ini sangat bagus dalam hal menyerap kelembaban. Kertas tisu juga diproduksi dari kertas daur ulang atau bahan serat, yang berarti juga ramah lingkungan.

4.Kertas Halus
Kertas halus banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kertas kopi, kertas seni, amplop dan masih banyak lagi lainnya, yang mana kualitasnya bisa bertahan lama tanpa menunjukkan penurunan hasil cetakan. Kertas halus bisa diciptakan dengan sensasi matte atau glossy dan saat ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.

5.Kertas Pembungkus
Normalnya, karakteristik dari kertas pembungkus adalah kekuatannya. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk menjadi pembungkus, seperti kertas bungkus makanan, paperbag dan banyak lagi lainnya. Kertas jenis ini biasanya dibuat dari kertas yang dicampur dengan bahan plastik, kertas daur ulang dan masih banyak lagi lainnya.

6.Kertas Buku
Kertas jenis ini memiliki karakteristik yang baik untuk menjadi bahan cetakan dan kualitas yang bagus sebagai media baca. Kualitas kertas buku itu sendiri yang menjadikannya baik. Keuntungan lain dari kertas buku adalah bahannya yang mayoritas relatif ramah lingkungan.

7.Kertas Kemasan
Kertas kemasan menjadi jenis kertas yang memiliki ketebalan yang di atas rata-rata, yang menjadikannya pas untuk dijadikan kotak pembungkus. Bahannya kuat, bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk. Kertas jenis ini juga tidak terlalu sensitif terhadap cairan maupun makanan. Kertas ini biasanya digunakan sebagai kardus pembungkus susu atau cairan lainnya dan banyak lagi.

BACA JUGA:Sering Diperbincangkan, NCT 127 Dijadikan Duta Merek Blibli

8.Kertas Kardus
Menurut sejarahnya, kertas kardus pertama kali dibuat pada tahun 1871 dan menjadi produk kertas paling kuat untuk dijadikan kotak pembungkus. Karakternya adalah kekuatan yang dimiliki, berkat perpaduan sejumlah bahan berkualitas dan konstruksi yang dibuat sedemikian rupa untuk bisa menunjang kekuatan itu sendiri.

9.Kertas khusus
Ada sejumlah kertas yang diciptakan secara khusus untuk berbagai keperluan. Setiap kertas didesain dengan ciri khasnya masing-masing. Contohnya adalah kertas uang, kertas dokumen penting, kertas label dan sebagainya.

10.Kertas Daur Ulang
Seperti namanya, kertas daur ulang dibuat untuk banyak tujuan tanpa harus merusak lingkungan. Malahan, kertas daur ulang dibuat sedemikian rupa untuk mendukung program peremajaan lingkungan.

Kertas jenis ini dibuat dari berbagai bahan kertas lain yang sudah tidak lagi digunakan dengan melalui proses tertentu. Asyiknya, kertas daur ulang bisa digunakan kembali untuk semua kebutuhan dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, bahkan terkesan lebih artistik dan environmental-friendly.

Sudah tahu berbagai jenis kertas, bukan? Ada banyak sekali, ya. Beli perlengkapan kertas sesuai kebutuhan Anda hanya melalui Blibli sekarang juga! (*)

 

Update