Senin, 4 Maret 2024

Ustaz Derry Sulaiman Siap Tampung Pengungsi Rohingya di Tasikmalaya, Ini Respon Netizen dan Klarifikasinya

Berita Terkait

Ustaz Derry Sulaiman jadi sorotan netizen, usai video yang mengatakan dirinya siap menampung pengungsi Rohingya itu viral. (Tiktok)

batampos – Ustaz Derry Sulaiman, eks gitaris band beraliran metal bernama Betrayer, mendadak jadi sorotan netizen, usai video yang mengatakan dirinya siap menampung pengungsi Rohingya itu viral.

Dalam video itu,  Ustaz Dery Sulaiman yang berasal dari Solok, Sumatera Barat ini menyampaikan bahwa Ia mengaku memiliki lahan 2 hektare di pesantren miliknya di Tasikmalaya, dan siap untuk menampung para pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Aceh.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ustaz Derry melalui unggahannya di sosial media TikTok pribadinya, saat menjawab komentar netizen. Yang mana seorang netizen meminta agar pengungsi Rohingya ditampung saja di rumah sang ustaz.

Baca Juga: Ammar Zoni Masuk Kategori Pemakai dan Pecandu Narkoba

Ustaz Derry lantas membalas komentar netizen dengan mengatakan, bahwa dirinya siap menampung para pengungsi Rohingya di pesantren yang ia bangun bersama teman-temannya. Pesantren yang disebut itu adalah Pesantren di DSAS yang terletak di Tasikmalaya.

Ia menambahkan bahwa dirinya juga siap warga Rohingya hingga mencarikan mereka pekerjaan.

“Insya’Allah, saya siap menampungnya di pesantren saya, mereka bisa bekerja di sana, belajar di sana, dan juga ada pabrik garmen Al-Luthfi di sana. Insya’Allah saya akan carikan mereka pekerjaan di sana,” katanya dalam video tersebut.

Ustaz Derry kemudian menyampaikan idenya, jika mereka (Rohingya, red) dipandang layak untuk tinggal di Indonesia, maka pemerintah mesti menyiapkan mereka lahan pekerjaan dan tempat yang bisa mereka garap karena menurutnya Indonesia itu luas.

Atas pernyataannya itu banyak netizen yang kehilangan respek kepada pendakwah tersebut.

“Ustadz…. Ingat 1 Hadist Nabi Muhammad Saw, bantulah dari yang paling terdekat dahulu. Apakah ustadz sudah cek seluruh rakyat Indonesia?,” tulis akun @Muhaeeralisaqib di kolom komentar video TikTok tersebut.

“Pak Ustaz saya asli dari Tasikmalaya. Lihatlah anak-anak Tasikmalaya banyak yang membutuhkan pekerjaan,” tambah netizen lainnya.

“Apakah pak Ustaz sudah cek semua tetangga? Apakah mereka semua sudah mendapat pekerjaan?,” tanya seorang netizen. Melihat banyaknya komentar seperti itu, Derry Sulaiman akhirnya memberikan klarifikasi dan menyampaikan permohonan maaf melalui akun TikTok pribadinya @derry_Sulaiman.

“Saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada warga Tasikmalaya dan kepada keluarga besar garmen Al Luthfi milik Haji Yayan dan Teh Ressy,” ucapnya di video tersebut.

Dia mengaku video itu dibuat sarkas untuk orang-orang yang julid mengenai rencananya ingin menampung pengungsi Rohingya.

“Jadi itu spontan saya buat untuk menanggapi komentar julid yang tidak nyambung dengan konten saya. Jadi, saya menanggapi sarkas saya kepada yang menulis komentar itu,” jelas mantan gitaris band Betrayer.

Ia meyakini bahwa hal itu (menampung pengungsi Rohingya) tidak mungkin terjadi. Sehingga warga Tasikmalaya tidak perlu khawatir. Ustaz Derry mengungkap, bahwa dirinya siap mengawal langsung para pengungsi ilegal Rohingya apabila nanti tiba saatnya mereka dipulangkan ke Bangladesh oleh pemerintah Indonesia.

Ia mengungkap dirinya tengah mengurus visa untuk berangkat Januari ini ke Bangladesh. “Sebentar lagi, insyaAllah pemerintah Indonesia akan memulangkan semua pengungsi ilegal itu kembali ke camp pengungsian di Bangladesh,” katanya. (*)

Reporter : JP Group

Update