Rabu, 17 April 2024

Tom Holland Populerkan Kata Slang ‘Rizz’

Berita Terkait

Tom Holland (Billboard.com)

batampos – Tom Holland mempopulerkan kata slang bahasa Inggris ‘rizz’.

Kata rizz memiliki makna sebagai gaya, pesona atau daya tarik, atau kemampuan seseorang untuk menarik pasangan romantis atau seksual.

Kata ini menjadi sering dipakai oleh generasi muda saat ini dan banyak digunakan oleh warganet di media sosial.

Menurut Oxford University Press (OUP), penerbit Kamus Bahasa Inggris Oxford, menobatkan rizz sebagai kata terbaik tahun 2023.

“Rizz dipilih oleh para ahli bahasa di OUP sebagai contoh menarik tentang bagaimana bahasa dapat dibentuk dan dibagikan dalam komunitas, sebelum diangkat lebih luas,” kata OUP dalam rilisnya.

“Ini menunjukkan bagaimana generasi muda dapat menciptakan ruang, baik secara online atau secara langsung, di mana mereka memiliki dan menentukan bahasa yang mereka gunakan,” lanjutnya.

Penerbit buku dari kamus terkenal tersebut menjelaskan bahwa kemungkinan besar akan semakin banyak kata yang berasal dari media sosial dan budaya internet yang akan digunakan dalam bahasa sehari-hari seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Citra Scholastika Nyanyikan Lagu Soundtrack Layangan Putus The Movie

Kata-kata dan frasa dibagikan melalui media sosial dan menjadi populer dengan sangat cepat sehingga melampaui tren linguistik sebelumnya dan menjadi arus utama dengan lebih cepat.

“Lonjakan data penggunaan rizz membuktikan bahwa kata dan frasa yang berkembang dari budaya internet semakin menjadi bagian dari bahasa sehari-hari dan akan terus membentuk tren bahasa di masa depan,” kata Casper Grathwohl selaku Presiden Oxford Languages.

Kata tersebut mencapai puncak popularitasnya pada bulan Juni tahun ini setelah aktor Tom Holland ditanya dalam wawancara Buzzfeed.

Aktor pemain Spider-man tersebut mengatakan bahwa, “aku tidak memiliki rizz apa pun.”

Lontaran kata tersebut sehubungan dengan diluncurkannya desain ulang rizz-first pada aplikasi kencan Tinder tahun ini dalam upaya mendatangkan lebih banyak pengguna muda.

Netizen juga membarikan vote mereka di media sosial untuk mempersempit daftar kata-kata yang terkenal untuk dipilih oleh para ahli.

Baca juga: Sayangi Jantung, Mulai Hari dengan Konsumsi Air Lemon di Pagi Hari

Kata rizz tersebut diyakini merupakan kependekan dari kata charisma yang diambil dari bagian tengah kata tersebut.

Contoh serupa termasuk refrigerator yang menjadi fridge dan influenza, yang biasa disebut flu.

Rizz juga bisa digunakan sebagai kata kerja seperti Rizz up yang berarti menarik, merayu, atau mengobrol dengan seseorang.

Pilihan tahun ini termasuk rizz, beige flag, Swiftie, de-influencing, prompt, heat dome, situasional dan parasosial.

“Sungguh luar biasa melihat publik sekali lagi menikmati menjadi bagian dari pemilihan Word of the Year,” kata Grathwohl dalam pernyataannya.

“Menyaksikan ribuan orang berdebat dan mendiskusikan bahasa seperti ini benar-benar menyoroti kekuatan yang dimilikinya dalam membantu kita memahami dan memproses apa yang terjadi di dunia sekitar kita” Lanjutnya.

Setiap tahun, Oxford University Press akan memilih kata atau ekspresi yang mencerminkan 12 bulan terakhir dan berpotensi memiliki makna budaya abadi atau memberikan gambaran sejarah.

Kata terbaik tahun 2021 adalah vax, kata tersebut muncul setelah vaksin COVID-19 dirilis. (*)

Reporter: Jpgroup

Update