Selasa, 16 April 2024

Sayangi Jantung, Mulai Hari dengan Konsumsi Air Lemon di Pagi Hari

Berita Terkait

Ilustrasi air lemon. (Pexels)

batampos – Memulai hari dengan mengonsumsi segelas air lemon ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Minum di pagi hari saat perut kosong dianjurkan karena akan meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, dan hidrasi.

Lemon mengandung vitamin C dan senyawa aktif seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun perlu diingat bahwa asam sitrat dalam lemon dapat merusak enamel gigi, jadi sebaiknya berkumur menggunakan air biasa setelah mengonsumsi air lemon.

Baca juga: Merokok, Rentan Kena Kanker Paru

Menurut ahli gizi Divya Gopal, yang dilansir Healthshots, terdapat 11 alasan kesehatan potensial dari minum air lemon setiap pagi, apa saja?

1. Tingkatkan hidrasi
Hidrasi sangat penting untuk kesehatan. Air lemon mampu meningkatkan asupan air harian seseorang.

Tetap terhidrasi dinilai membantu pencernaan, mendukung kesehatan kulit, dan mendukung tubuh berfungsi secara optimal.

2. Kaya akan vitamin C
Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang dikenal menjaga sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, produksi kolagen, berkontribusi pada kesehatan kulit, jaringan ikat yang lebih baik, serta melindungi sel dari kerusakan.

3. Bantu lancarkan pencernaan
Air lemon merangsang produksi cairan pencernaan seperti empedu yang membantu sistem pencernaan dengan memecah makanan dengan lebih efisien.

Hal ini juga dapat meringankan gangguan pencernaan dan kembung. Minum segelas air lemon hangat di pagi hari adalah hal umum yang bisa dilakukan untuk melancarkan proses pencernaan.

4. Bantu turunkan berat badan
Air lemon dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan asupan kalori karena kandungan serat makanan dan airnya.

Selain itu, asam sitrat dalam lemon dapat mendukung pencernaan dan metabolisme yang baik, di mana keduanya penting untuk menjaga berat badan ideal.

5. Kulit bercahaya
Antioksidan dalam air lemon terutama vitamin C dapat membuat kulit sehat dan bercahaya. Vitamin C membantu melawan penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan noda.

Selain itu, hidrasi yang diberikan oleh air lemon dapat menjaga kulit tetap lembab dan bersinar.

6. Cegah batu ginjal
Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat urin yang menghambat pembentukan batu.

Namun, konsumsi jus lemon yang berlebihan berpotensi menyebabkan batu ginjal pada beberapa individu karena kandungan oksalatnya.

Baca juga: Cuci Handuk Rutin dan Terpisah dengan Pakaian Supaya Kuman Tidak Menyebar

7. Dukung kesehatan jantung
Air lemon dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung dalam beberapa cara. Kandungan potasiumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah kerusakan oksidatif pada arteri.

8. Kesehatan mulut
Air lemon dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Meskipun jus lemon bersifat asam dan dapat mengikis enamel gigi, mengencerkannya dengan air akan mengurangi risiko ini.

Selain itu, air lemon juga dinilai dapat melawan bau mulut dan radang gusi karena sifat antimikrobanya.

9. Tingkatkan kekebalan tubuh
Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin C adalah penguat sistem kekebalan tubuh yang ampuh. Konsumsi air lemon secara teratur dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit umum seperti pilek dan flu. Ini juga membantu penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

10. Sifat alkali
Meskipun lemon bersifat asam, namun memiliki efek alkalisasi pada tubuh. Hal ini membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dan menciptakan lingkungan kurang kondusif terhadap penyakit serta tubuh yang bisa dipercaya dapat meningkatkan kesehatan.

11. Kurangi stres
Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan serta mampu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Ritual menyiapkan dan menyeruput air lemon hangat dapat menenangkan, membantu meredakan ketegangan, dan meningkatkan relaksasi. (*)

reporter: jpgroup

Update