Minggu, 25 September 2022

Tips Memasak Telur yang Lebih Sehat

Berita Terkait

ILUSTRASI. Telur dipercaya bisa meningkatkan kadar kolesterol. Namun dari sisi kesehatan, manfaat telur juga sangat banyak. Variasikan cara memasak telur dengan cara yang lebih sehat (heb.com)

batampos – Mengonsumsi Telur baik untuk kesehatan. Karena manfaat telur sangat banyak. Untuk mengurangi kandungan kolesterol yang ada dalam telur, ada sejumlah cara bisa dilakukan untuk memasak telur yang lebih sehat.

1. Telur dibuat orak-arik untuk sarapan, (dibuat dengan sedikit susu, tanpa mentega atau krim), disajikan dengan roti gandum dan sayuran tumis.

2. Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng dan disajikan dengan roti gandum utuh.

3. Ganti makan siang Anda dengan telur rebus, roti gandum utuh dan alpukat.

4. Rebus telur, kemudian haluskan dengan paprika dan sedikit mayo. Jadikan isian dalam sandwich yang dibuat dengan roti gandum dan selada.

5. Buat omelet dengan brokoli, wortel, dan jagung untuk pelengkap nasi goreng.

Dilansir dari Body And Soul, Minggu (10/4), Ahli Diet dari Sydney, Australia, Melissa Meier menjelaskan telur mengandung semua asam amino esensial, yang menjadikannya protein berkualitas tinggi.

Manfaat Telur

Telur mengandung protein. Protein terbuat dari asam amino, beberapa di antaranya diklasifikasikan sebagai esensial dan lainnya tidak esensial. Asam amino esensial harus berasal dari makanan karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya. Asam amino non-esensial, di sisi lain, dapat dibuat oleh tubuh.

Selain protein, telur penuh dengan sejumlah nutrisi bermanfaat. Telur adalah salah satu dari sedikit sumber makanan dari vitamin sinar matahari, Vitamin D. Konsumsi hanya dua telur menyediakan 82 persen vitamin dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Telur juga mengandung zat besi, yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin A dan E membuat potongan juga, yang keduanya memiliki sifat antioksidan. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, sedangkan Vitamin E berperan dalam mendukung kesehatan mata. Terlebih lagi, telur mengandung dua senyawa yang disebut lutein dan zeaxanthin, yang juga mendukung kesehatan mata.

Bolehkah Terlalu Banyak Makan Telur?

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol. Akan tetapi menurut Meier jauh lebih penting dalam menjaga kadar kolesterol darah dengan cara meminimalkan asupan lemak jenuh. Apa saja? Yakni makanan seperti mentega, daging berlemak dan makanan yang digoreng.

“Dengan pemikiran ini, jika Anda sehat, tidak perlu membatasi konsumsi telur Anda dalam konteks diet yang sehat, seimbang, dan bervariasi,” katanya.

Jika Punya Penyakit Komorbid, Batasilah!

Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung atau kolesterol tinggi, Anda harus membatasi asupan telur dan kurangi minyak dalam penggorengan. (*)

Reporter : JP Group

Update