Kamis, 18 April 2024

Tips Atasi Kulit Kering Saat Puasa

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Ilustrasi perawatan wajah. (freepik/stockking)

batampos – Kulit kering saat puasa sering terjadi, Salah satu penyebabnya adalah masalah dehidrasi hingga berkurangnya vitamin dan mineral dalam
tubuh.

Faktor penyebab lainnya adalah cuaca. Cuaca yang cenderung panas akan membuat kulit terlihat kusam dan kasar.

Kecenderungan kulit menjadi lebih kering saat kita berpuasa dibenarkan oleh Delfianti Pratiwi, Skin Science Expert melalui Instagram @wardah beauty, Jumat (8/3).

“Pada saat Ramadan, terjadi perubahan kebiasaan yang dapat mempengaruhi jam biologis kita. Hal ini dapat mempengaruhi produksi hormon yang mempengaruhi kondisi kulit kita,” ungkapnya.

Baca juga: 8 Manfaat Lemon untuk Kecantikan Kulit Wajah

Biasanya, lanjut Delfianti, ada tiga permasalahan kulit yang umum dirasakan saat puasa yaitu:

Kulit Kering
Kekurangan cairan dalam tubuh saat berpuasa dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering.

Jerawat
Perubahan pola makan selama berpuasa dapat memicu pertumbuhan jerawat pada kulit.

Kulit Kusam
Kekurangan waktu tidur dan perubahan pola makan dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan lelah.

Sebenarnya, masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan mempraktekkan beberapa cara ini dalam keseharian.

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas per hari

Dehidrasi selama berpuasa memang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tetapi ada cara sederhana untuk mencegahnya dengan cukup minum air.

Untuk memudahkan, Anda dapat mengikuti aturan 2-4-2, yaitu minum dua gelas air putih saat sahur, empat gelas saat berbuka dan dua gelas sebelum tidur.

2. Penuhi asupan vitamin dan buah
Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan seperti anggur, kurma, madu, ubi jalar, pepaya dan tomat.

Baca juga: Air Kelapa Kaya Akan Nutrisi, Kandungan Kaliumnya Jaga Kesehatan Jantung

Juga, pastikan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum, pisang dan umbi-umbian, serta makanan yang mengandung mineral seperti yogurt dan sereal, serta berbagai macam vitamin.

Anda dapat mengonsumsi buah setelah melakukan tarawih agar kebutuhan cairan tercukupi.

3. Menggunakan masker wajah
Penggunaan masker wajah adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi kulit kering. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak melewatkan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Selain menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami untuk memberikan kelembaban pada kulit, Anda juga dapat mencoba sheet mask yang lebih praktis karena cukup ditempelkan saja di wajah.

4. Wajib menggunakan skincare
Skincare seperti pembersih wajah dan pelembab sangat penting untuk menjaga kecerahan wajah selama berpuasa.

Gunakan pelembab setiap pagi sebelum memulai aktivitas dan sebelum tidur malam untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering. Jangan lupa untuk menggunakan toner sebelum mengaplikasikan krim wajah.

5. Istirahat yang cukup
Selain perubahan jadwal makan, waktu tidur juga mengalami perubahan selama puasa. Saat berpuasa, Anda perlu melakukan sahur sekitar pukul 3 pagi.

Namun, penting untuk tidak mengurangi durasi tidur Anda meskipun dengan perubahan waktu ini. Untuk menjaga kulit tetap cerah selama berpuasa, tidur yang cukup sangat diperlukan

Disarankan untuk beristirahat lebih awal setelah menunaikan shalat tarawih, sehingga Anda dapat tidur lebih awal dan bangun segar untuk sahur dini hari.

6. Kurangi konsumsi gorengan
Cairan tubuh dapat diserap oleh lemak jahat yang terkandung dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan, menyebabkan kulit menjadi kering.

Sebagai pengganti, lebih baik untuk mengonsumsi makanan bergizi daripada gorengan saat sahur dan berbuka. Misalnya menambahkan asupan antioksidan dengan mengonsumsi wortel, kacang- kacangan dan ikan.

7. Oleskan sunscreen secara rutin
Paparan cuaca yang ekstrem, terutama sinar UV matahari, sering kali menjadi penyebab umum kulit kering. Selain itu, sering terpapar sinar matahari pada siang hari juga dapat menyebabkan munculnya bintik gelap pada kulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, penting juga untuk mengaplikasikan ulang setiap dua hingga tiga jam terutama jika Anda berkeringat. (*)

Sumber: Jpgroup

Update