Kamis, 18 April 2024

Tips Atasi Jerawat yang Muncul di Leher

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Ilustrasi jerawat di leher (Healthy and Natural World)

batampos – Jerawat bisa muncul juga di leher. Penyebabnya selain ketidakseimbangan hormon, pemakaian sabun yang kurang di area ini juga jadi faktor pemicunya.

Jerawat di leher menurut pakar dermatologi asal India, dr. Vandana Punjabi sering terjadi pada wanita.

“Jerawat leher sering terjadi pada wanita. Sering kali jerawat di wajah bagian bawah meluas ke leher. Jerawat ini berhubungan dengan Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS (gangguan hormon pada wanita usia subur), tiroid, atau resistensi insulin,” katanya.

Dilansir dari Antara, Punjabi menuturkan jika jerawat di leher dapat diatasi dengan obat topikal. Namun, jika terlalu banyak maka perlu diberikan antibiotik.

Dia menyarankan bagi mereka yang kelebihan berat badan dengan PCOS untuk menurunkan berat badan guna membantu mengurangi gejala.

Menurut Harvard Health Publishing, jerawat di leher terjadi karena produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan.

Baca juga: Diinisiasi Tantowi Yahya, Acara Lelang ‘Untuk Pahlawan Seni Budaya’ Berhasil Jual 22 Lukisan, Kumpulkan Lebih Rp 5,2 M

Agar ini tidak terjadi, maka sebaiknya seseorang jangan pernah tidur dengan riasan dan menghindari produk yang mengandung banyak minyak. Selain itu, selalu bilas leher saat membilas wajah, misalnya sebelum tidur.

Pakar nutrisi India, Karishma Shah mengatakan bahwa pencegahan menjadi tindakan yang umum dilakukan untuk mencegah jerawat salah satunya dengan memperhatikan kesehatan usus.

“Kesehatan usus berhubungan langsung dengan jerawat di wajah dan leher Anda. Tapi perempuan, terutama dengan masalah hormon dan resistensi insulin, akan menunjukkan banyak jerawat di leher mereka,” jelas dia.

Baca juga: Tips Tingkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Menurutnya, jika seseorang ingin mengatasi jerawat leher, maka sebaiknya memperhatikan kesehatan ususnya, misalnya dengan mengonsumsi makanan antiinflamasi dan makanan yang mengurangi kadar androgen dalam tubuh.

Konsumsi terlalu banyak produk susu terbukti meningkatkan kadar androgen dalam tubuh. Selain itu, jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak gula, maka ini akan menyebabkan kesehatan usus menjadi sangat buruk dan meningkatkan jerawat.

“Jika seseorang mengetahui bahwa mereka resisten terhadap insulin, terapkan diet dan bicarakan dengan dokter. Merawat hal-hal tersebut otomatis akan mengurangi jerawat di leher. Dan tolong, hidrasi,” terangnya. (*)

Reporter: jpgroup

 

Update