Senin, 4 Maret 2024

Diinisiasi Tantowi Yahya, Acara Lelang ‘Untuk Pahlawan Seni Budaya’ Berhasil Jual 22 Lukisan, Kumpulkan Lebih Rp 5,2 M

Berita Terkait

Salah satu lukisan yang dilelang dan dimenangkan oleh Menteri
Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. (istimewa)

batampos – Tantowi Yahya menginisiasi acara lelang lukisan dengan tajuk ‘Untuk Pahlawan Seni Budaya’.

Acara lelang dilakukan Tantowi Yahya bersama tim di bawah Yayasan Upaya Indonesia Damai atau dikenal dengan nama United In Diversity Foundation (UID).

Acara tersebut digelar di The Club Djakarta Theater Live, Jakarta Pusat, 28 November lalu.

Acara lelang menampilkan 68 lukisan karya seniman Indonesia dengan berbagai latar belakang. Mulai dari seniman tradisional hingga seniman kontemporer berasal dari Bali, Jogjakarta, Solo, dan Surabaya.

Acara lelang sosial ini bertujuan mengumpulkan dana untuk disalurkan kepada para seniman hingga atlet yang telah berjasa harumkan nama Indonesia di bidang seni budaya dan olahraga.

Baca juga: Tanggapi Hiatus NOAH, Penggemar Sampaikan Pesan Bakal Rindu Berat

Sampai dengan acara lelang ditutup, telah berhasil mengumpulkan dana secara keseluruhan lebih dari Rp 5,2 miliar atas 22 lukisan yang laku terjual.

Salah satu yang ikut terlibat dalam lelang adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Dito membeli sebuah lukisan Lot 60 menampilkan gambar anak kecil membawa bunga mawar merah untuk seorang tentara. Dito mememangkan lelang atas lukisan tersebut seharga Rp 100 juta.

“UID bekerja sama dengan Yayasan Bunga Bali dan Sanggar Ring Luwur Akasa memiliki niatan baik untuk membantu pemerintah dalam memperhatikan nasib para pahlawan bangsa di bidang seni budaya dan olahraga,” kata Tantowi Yahya selaku Presiden UID dalam keterangannya.

Baca juga: Konsumsi Matcha Tanpa Gula Bisa Turunkan Berat Badan

Ada sejumlah nama yang menjadi penerima manfaat atas dana hasil donasi dari lelanf. Beberapa diantaranya adalah Budiono Sutikno (pemain sepakbola), Mardi Lestari (pelari), Sukardi (penyanyi keroncong), Putu Wijaya (budayawan sastra Indonesia), H. Ukat
(penyanyi dangdut Indonesia), dan yang lainnya. (*)

Reporter: jpgroup

Update