Senin, 22 April 2024

Tanda-Tanda Saatnya Harus Ganti Smartphone

Berita Terkait

Inovasi yang Terinspirasi dari Alam

Manfaatkan Turbin Ventilator di Rumah

Performa dan kinerja yang menurun bisa jadi alasan utama seseorang memutuskan membeli smartphone baru. (distractify/getty image)

batampos – Tidak peduli apakah Anda membeli perangkat kelas atas atau perangkat kelas menengah, apakah ponsel memiliki kualitas build yang bagus dan perangkat keras yang mumpuni, perangkat tersebut akan menurun kualitasnya seiring waktu. Seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat beberapa masalah.

Pada akhirnya, smartphone akan menjadi tidak dapat digunakan sama sekali. Kalau sudah begini, Anda harus membeli perangkat baru.

Baca juga:Sebenarnya Cukup Tiga Produk ini untuk Jaga Kulit Tetap Sehat

Pertanyaan berikutnya adalah kapan waktunya Anda harus membeli perangkat baru? Dilansir dari Makeuseof, Kamis (20/7), ada tanda-tanda yang bisa dikenali untuk membuat Anda yakin kapan waktu yang tepat untuk mengganti smartphone.

Baterai mulai cepat habis

Rata-rata, Anda harus mendapatkan lima hingga delapan jam SOT (Screen On Time) setelah pengisian daya penuh. Namun, setelah menggunakan telepon selama beberapa tahun, baterainya akan menurun dan kehilangan kapasitas keseluruhannya.

Dan pada satu titik, total kapasitas menjadi kurang dari setengahnya. Ini tidak bisa dihindari. Dan meskipun Anda dapat memperlambat prosesnya dengan merawat baterai ponsel, hal ini berkaitan dengan bahan kimia baterai lithium-ion.

Komponen kimia mulai aus seiring waktu, membuatnya kurang mampu menahan muatan. Jika sudah demikian, ini bisa jadi tanda awal bahwa perangkat smartphone Anda sudah harus ganti.

Makin lambat

Bahkan jika Anda memiliki ponsel Android kelas unggulan, kinerjanya akan turun saat Anda terus menggunakannya. Sekali lagi, ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda kendalikan atau tunda.

Ini karena aplikasi dan sistem operasi dikembangkan dengan mempertimbangkan perangkat keras baru. Mereka memiliki pengoptimalan untuk sistem terbaru.

Selain itu, pabrikan menggunakan perangkat keras yang lebih baik dan lebih cepat untuk ponsel baru. Misalnya, Anda mendapatkan lebih banyak RAM dan core yang lebih cepat di flagships modern. Dan versi aplikasi dan sistem operasi yang lebih baru dapat menggunakan perangkat keras yang lebih baik dan lebih cepat dengan baik.

Itulah alasan lain mengapa perangkat baru bekerja jauh lebih baik dari pada pendahulunya. Seperti baterai, kinerja ponsel juga akan menurun seiring waktu. Jadi makin lambat dalam mengerjakan tugas, ini juga bisa jadi isyarat kalau Anda perlu melakukan pemutakhiran perangkat.

Nggak dapat pembaruan lagi

Pembaruan atau update sistem operasi atau OS juga bisa menjadi tanda vital lain yang memberi tahu Anda bahwa sudah waktunya untuk meningkatkan ponsel Anda. Ponsel saat ini menawarkan pembaruan hingga empat tahun baik Android atau iOS.

Pembaruan ini juga terkait dengan pemutakhiran sistem keamanan. Dan, setiap hari, kerentanan sistem operasi seluler baru selaku muncul. Dan ini ditambal melalui pembaruan keamanan.

Jadi, ketika ponsel lama Anda berhenti menerima pembaruan keamanan, hal ini bisa berarti data pribadi Anda akan menjadi rentan ketika ancaman keamanan utama terungkap. Singkatnya, Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan ponsel Android Anda ketika berhenti menerima pembaruan keamanan.

Aplikasi baru tidak kompatibel di perangkat Anda

Secara umum, pengembang ingin membuat aplikasi mereka kompatibel dengan sebanyak mungkin perangkat. Namun, dalam beberapa kasus, aplikasi memerlukan beberapa fungsi atau fitur yang hanya tersedia di versi OS modern.

Selain itu, aplikasi tertentu membutuhkan lebih banyak sumber daya dari pada yang lain. Dalam kedua kasus tersebut, ponsel yang lebih baru akan memiliki keuntungan dan bisa jadi tanda bahwa Anda perlu mengganti perangkat jika beberapa aplikasi sudah tidak bisa lagi dijalankan di smartphone Anda.

Sudah butuh peningkatan

Terakhir, yang bisa jadi tanda Anda memang harus ganti smartphone adalah Anda sendiri memang sudah merasa perlu melakukan penggantian atau peningkatan. Misalnya dari segi kamera, saat ini, kamera smartphone sudah canggih-canggih dan menjanjikan gambar yang jernih.

Jika Anda aktif di media sosial dan suka mengupload konten baik foto atau video, hal ini akan terasa. Smartphone keluaran lama tidak akan sebagus smartphone saat ini kualitas kameranya. Jika Anda sudah merasa demikian, Anda bisa langsung melakukan penggantian unit baru. (*)

Reporter: jpgroup

Update