Senin, 22 April 2024

Sebenarnya Cukup Tiga Produk ini untuk Jaga Kulit Tetap Sehat

Berita Terkait

ILUSTRASI. Seorang perempuan menggunakan pelembab untuk rutinitas penggunaan skin care. (Lifestylememory/Freepik)

batampos – Sebenarnya cukup tiga produk dasar perawatan kulit untuk menjaga agar kulit tetap sehat, yaitu pembersih, pelembap, dan tabir surya. Sebagian orang, penggunaan skincare yang memiliki lima atau lebih tahap berhasil dan efektif, namun beberapa kulit orang tidak merespons baik terhadap rutinitas skincare yang rumit tersebut. Ketika hal itu terjadi, menyederhanakan penggunaan skincare dapat menjadi pilihan untuk membuat kulit lebih sehat.

Dilansir dari Everyday Health, Jumat (21/7), rutinitas skincare yang memiliki banyak langkah dapat menyebabkan iritasi pada kulit, kemerahan, dan munculnya jerawat. Akan tetapi, perlu dipahami, apabila kulit sudah terbiasa dan merespons dengan baik terhadap rutinitas skincare yang melibatkan banyak tahapan, tetaplah berpegang teguh dengan tahapan yang cocok untuk kulit Anda.

Baca juga:91 Gaun Koleksi Metaphor dari Sebastian Gunawan

Namun, jika hal tersebut tidak bekerja dengan baik pada kulit Anda, skincare minimalis yang terdiri dari tiga produk dasar dapat menjadi pilihan.

Tiga produk dasar tersebut, yaitu pembersih, pelembap, dan tabir surya. Skincare minimalis berfokus pada langkah-langkah utama dan bahan produk yang diperlukan saja untuk menjaga kulit tetap sehat.

Selain tiga produk dasar tersebut, ada produk yang bersifat opsional, yaitu retinol. Bahan retinol dapat mendorong produksi kolagen yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput. Berikut tips untuk skincare minimalis.

Pembersih Cuci Muka

Jika kulit cenderung berminyak dan berjerawat, disarankan untuk memilih pembersih yang lembut mengandung asam glikolat atau asam salisilat. Bagi kulit sensitif, sebaiknya pilih pembersih yang tidak mengandung alkohol.

Alkohol dapat terdaftar dalam daftar bahan dengan berbagai nama, seperti ethyl alcohol, denatured alcohol (alcohol denat), isopropyl alcohol, methyl alcohol atau methanol, benzyl alcohol, cetyl, stearyl, cetearyl, dan lanolin alcohol.

Pelembab

Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan mencari pelembap yang ringan dan menghidrasi, seperti produk dengan kandungan hyaluronic acid. Sementara itu, bagi kulit kering atau sensitif, lebih baik menggunakan pelembap berbahan dasar emolien.

Tabir Surya

Penggunaan tabir surya wajah dengan SPF 30 atau lebih tinggi merupakan langkah yang sangat penting dan menghubungkan semua elemen skincare. Selain membantu melindungi kulit dari sinar UV dan risiko kanker kulit, SPF juga dapat menunda penuaan.

Penggunaan skincare harus konsisten untuk mendapatkan manfaat secara maksimal. (*)

Reporter: jpgroup

Update