Selasa, 25 Juni 2024

6 Makanan Ini Harus Dihindari saat Perayaan Imlek

Berita Terkait

Ilutrasi kepiting yang sudah dibikin olahan. (Istimewa)

batampos – Tahun Baru Imlek merupakan salah satu perayaan besar yang memberi kesan tersendiri bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat etnis Tionghoa. Tak hanya dekorasi dan busana serba merah yang meriah, namun kuliner legendaris atau makanan khas Imlek ini pun selalu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Di Tiongkok, lentera merah yang meriah, petasan yang memekakkan telinga, dekorasi pintu yang membawa keberuntungan, serta pakaian baru dan potongan rambut adalah bagian dari perayaan saat keluarga berkumpul pada malam sebelumnya untuk merayakan tahun lama dan menyambut tahun baru.

Mulai dari kudapan manis, camilan gurih, hingga menu utama yang bikin lidah bergoyang, semua tersedia lengkap di meja makan. Bahkan ada kepercayaan tidak dianjurkan untu beberapa makanan saat Imlek agar mendapatkan keberuntungan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat Imlek agar mendapat keberuntungan, dikutip dari Delish, Minggu (4/2).

1. Makanan Berwarna Putih

Dalam tradisi Tiongkok, putih adalah warna sial karena melambangkan kematian, sehingga semua makanan berwarna putih tidak boleh dirayakan. Tahu, telur nasi putih, kembang kol, keju putih dan ucapkan selamat tinggal pada mereka untuk malam ini. Sebaliknya, isi meja Tahun Baru Anda dengan makanan berwarna lainnya.

2. Unggas Bersayap

Jika Anda tidak ingin keberuntungan Anda terbang jauh di tahun baru, sebaiknya hindari hewan apa pun yang memiliki sayap dan cakaran di tanah, seperti kalkun atau ayam. Burung-burung ini menggaruk ke belakang, yang bisa berarti tinggal di masa lalu atau lebih buruk lagi kebutuhan untuk mencari nafkah.

3. Lobster dan Kepiting

Jika Anda tidak ingin mengalami kemunduran besar tahun depan, sebaiknya hindari makan kepiting, lobster, dan krustasea lainnya di Tahun Baru Imlek. Itu karena makhluk-makhluk ini bergerak mundur atau menyamping, bukan maju.

4. Roti Berongga

Meski hampir mustahil untuk dihindari, mengiris roti dan menemukan kantong udara dalam jumlah besar dikatakan sebagai pertanda kematian, terutama pada Tahun Baru. Satu-satunya pengecualian adalah jika rotinya bulat (menandakan lingkaran keberuntungan), tapi kita tidak akan menyia-nyiakannya.

5. Peterseli

Jangan menghadiahkan peterseli saat Imlek karena dipercaya Anda akan bernasib buruk. Selain itu sangat aneh jika Anda menghadiahkan peterseli saat Imlek.

6. Pisang

Ternyata, pisang hanya membawa kesialan. Memotongnya tidak hanya mendatangkan kesialan, membawanya ke kapal juga dapat mengakibatkan hasil tangkapan yang buruk atau bahkan tersesat di laut bagi awak kapal.  (*)

Sumber: JP Group

Update