Minggu, 2 Oktober 2022

Tak cukup hanya Pakai Skincare untuk Dapat Kulit Sehat dan Cantik

Berita Terkait

ilustrasi kulit wajah sehat. (Healthy Magazine)

batampos– Semua orang ingin mendapatkan kulit yang sehat dan maksimal. Ternyata, untuk mendapatkan kulit yang sempurna, bukan hanya sekadar dirawat dengan menggunakan skincare atau produk perawatan kecantikan. Sebab, skincare dinilai hanya efektif hingga ke lapisan kulit bagian epidermis. Maka diperlukan perawatan ekstra.

Dokter Spesialis Kulit dr. Hari Darmawan, Sp.KK mengatakan ketika usia 25 tahun setiap tahunnya elastin dan kolagen akan berkurang 1 setengah persen dari kulit. Elastin dan kolagen sudah dihasilkan secara alami di kulit kita, tapi ketika memasuki usia 25, keduanya akan berkurang 1,5 persen.

BACA JUGA: Atasi Keputihan Dengan Minuman Herbal Kulit Delima

“Itulah alasan kenapa semakin tua kulit kita semakin kendur, tampak kusam, sudah tampak flek-flek hitam,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Ia menjelaskan, penggunaan skincare tidak bisa memberikan perawatan kulit secara optimal. Dari tiga lapisan kulit, penggunaan skincare hanya bisa berguna di lapisan paling atas yakni epidermis.

“Padahal lapisan tengah atau dermis dan lapisan terdalam kulit atau hipodermis yang juga membutuhkan perawatan,” kata dr. Hari.

Ia mengingatkan Jakarta adalah kota dengan tingkat polusi udara parah juga UV radiasi dari matahari dan buka gadget (blue light) itu bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) adalah jenis sinar ultraviolet ini punya sifat merusak yang sama, namun dengan cara yang berbeda.

“Sinar UVA dan UVB dapat merusak skin barrier dan menyebabkan elastisitas kulit menurun. Kondisi ini mengakibatkan kulit tampak lebih kusam, kendur, timbul flek hiperpigmentasi, sehingga perawatan kulit secara maksimal diperlukan,” ungkapnya.

Pentingnya Alat Teknologi Kecantikan
Saat ini, tren kecantikan sudah mulai merambah dalam penggunaan beauty device atau alat teknologi kecantikan. Namun dr. Hari mengingatkan, saat menggunakan medical device, yang pertama harus terefikasi dengan baik dan jangan coba-coba produk ke wajah.

“Jadi harus dermatology tested, sudah harus terefikasi dengan baik, clinically result-nya terbukti dengan baik,” katanya.

Founder BSKIN melalui ELVi Pro, Su-Mae menambahkan, beauty device lebih praktis untuk melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah. Fungsinya untuk merangsang otot-otot wajah untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Salah satunya dengan menggabungkan manfaat terapi sinar LED, energi panas ringan, dan getaran mikro lewat gua sha.

“Untuk para pria dan perempuan modern yang sibuk, tetap harus peduli dengan perawatan kulit ya, misalnya dengan perangkat praktis yang dapat dipakai di rumah. Sehingga bisa perawatan sekaligus bebas stres untuk mentransformasi kulit mereka,” jelas Su-Mae. (*)

reporter: jpgroup

 

Update