Senin, 24 Juni 2024

Tahun Baru Imlek, Simak Jenis Ikan yang Bisa Membawa Keberuntungan, dan Cara Menyantap yang Benar

Berita Terkait

Ilustrasi bersantap di Tahun Baru Imlek. (Pexels/Angela Roma)

batampos – Imlek adalah perayaan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa yang jatuh pada tanggal satu di bulan pertama dalam kalender lunar. Imlek memiliki banyak tradisi dan ritual yang berkaitan dengan keberuntungan, kemakmuran, dan kesejahteraan.

Salah satu tradisi yang penting adalah menyantap makanan-makanan tertentu yang dipercaya memiliki makna simbolis dan membawa hoki.

Salah satu makanan yang wajib ada saat Tahun Baru Imlek adalah ikan. Ikan dipilih karena memiliki persamaan bunyi dengan kata ‘余’ (yú) yang berarti ‘surplus’ atau ‘kelebihan’ dalam bahasa Mandarin.

Dengan menyantap ikan, diharapkan dapat mendapatkan surplus dari tahun ke tahun, baik dalam hal uang, makanan, maupun kebahagiaan. Namun, tidak semua jenis ikan dapat membawa hoki.

Ada beberapa jenis ikan yang lebih disukai karena memiliki makna khusus atau sesuai dengan adat setempat. Berikut adalah beberapa jenis ikan yang sering disajikan saat Imlek dan alasan mengapa mereka dipilih dilansir dari China Highlights, Senin (5/2).

1. Ikan mas (crucian carp)

Ikan mas memiliki nama dalam bahasa Mandarin yang mirip dengan kata ‘吉’ (jí) yang berarti ‘keberuntungan’. Ikan mas juga melambangkan kesuksesan dan kemajuan dalam karier. Ikan mas biasanya dimasak dengan cara dikukus atau digoreng dan disajikan utuh dengan kepala dan ekor.

2. Ikan bandeng (milkfish)

Ikan bandeng memiliki nama dalam bahasa Hokkian yang mirip dengan kata ‘年’ (nián) yang berarti ‘tahun’. Ikan bandeng juga melambangkan kelimpahan dan kesuburan. Ikan bandeng biasanya dimasak dengan cara dibakar atau direbus dengan bumbu khas dan disajikan dengan duri-durinya.

3. Ikan lele (catfish)

Ikan lele memiliki nama dalam bahasa Mandarin yang mirip dengan kata ‘年余’ (niányú) yang berarti ‘tahun surplus’. Ikan lele juga melambangkan kekayaan dan kelancaran. Ikan lele biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus dengan saus pedas dan disajikan dengan kuahnya.

4. Ikan kakap (sea bass)

Ikan kakap memiliki nama dalam bahasa Kanton yang mirip dengan kata ‘笑’ (xiào) yang berarti ‘tertawa’. Ikan kakap juga melambangkan kegembiraan dan kebahagiaan. Ikan kakap biasanya dimasak dengan cara dikukus atau digoreng dan disajikan dengan saus asam manis atau jahe.

5. Ikan gurame (gourami)

Ikan gurame memiliki nama dalam bahasa Mandarin yang mirip dengan kata ‘久’ (jiǔ) yang berarti ‘lama’. Ikan gurame juga melambangkan umur panjang dan kesehatan. Ikan gurame biasanya dimasak dengan cara digoreng kering atau dibakar dan disajikan dengan sambal atau saus asam pedas.

Selain memilih jenis ikan yang tepat, ada juga beberapa aturan dan etika yang harus diperhatikan saat menyantap ikan saat Imlek.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

– Ikan harus disajikan utuh dengan kepala dan ekor, yang melambangkan keseluruhan dan kesempurnaan. Kepala dan ekor ikan juga tidak boleh dipotong atau dimakan, yang melambangkan awal dan akhir yang baik.
– Ikan harus disajikan dengan posisi kepala menghadap ke arah utara atau ke arah tamu terhormat, yang melambangkan penghormatan dan kebaikan. Ikan tidak boleh diputar atau dibalik saat dimakan, yang melambangkan kekacauan dan keburukan.
– Ikan harus disantap bersama-sama dengan anggota keluarga atau teman, yang melambangkan persatuan dan keharmonisan. Ikan juga harus disisakan sedikit, yang melambangkan surplus dan keberlimpahan.

Dengan mengetahui jenis-jenis ikan yang membawa hoki dan cara menyantapnya yang benar, diharapkan dapat meningkatkan keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru Imlek. Selamat Imlek dan semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. (*)

Sumber: JP Group

Update