Rabu, 22 Mei 2024

Steven Seagal Terima Penghargaan Kemanusiaan dari Rusia

Berita Terkait

batampos – Bintang film Hollywood, Steven Seagal menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintahan Rusia. Penghargaan itu diberikan kepadanya, berupa penghargaan kemanusiaan dan budaya internasional.

Stven Seagal bersalaman dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Kremlin, November 2016 lalu. F Dokumen Sputnik/Kremlin/Alexei Druzhinin via reuters

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin lewat dekrit yang dikeluarkan Senin (27/2/2023) waktu setempat.

BACA JUGA:
Selena Gomez: Aku Jomblo, Terkait Kencan dengan Drew Taggart

Dikutip dari Reuters, Rabu (1/3/2023), Seagal menerima penghargaan Order of Friendship Rusia, mengingat dekrit menyebutkan, Seagal merupakan perwakilan khusus Kementerian Luar Negeri Rusia untuk hubungan kemanusiaan dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Diketahui, Seagal merupakan pengagum Putin. Ia bahkan sering berkunjung ke negeri Beruang Merah itu, hingga Putin memberikannya paspor Rusia di 2016 lalu.

Seagal juga dikenal sebagai bintang Hollywood yang mendukung aneksasi Rusia atas Krimea, salah satu provinsi di Ukraina. Dia menyebut aneksasi atas Krimea itu adalah kebijakan yang masuk akal oleh Rusia.

Saat perang Rusia atas Ukraina berkecamuk, Seagal juga mengunjungi Ukraina Timur dan bertemu pemimpin separatis pro-Rusia musim panas tahun lalu.

Seagal juga dikenal sebagai musuh Ukraina. Ukraina melarang Seagal masuk ke negaranya sejak 2017 lalu dengan alasan keamanan nasional. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak

Update