Sabtu, 4 Februari 2023

Skincare Mengandung Retinol Bisa Sebabkan ”Purging”

Berita Terkait


Ilustrasi kulit berjerawat (ANTARA/Shutterstock/LightField Studios)

batampos – Skincare mengandung retinol bisa menyebabkan ”purging”. Purging adalah reaksi yang terjadi pada kulit saat menggunakan produk perawatan sebelum mencapai hasil yang diinginkan.

Demikian dijelaskan Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arini Widodo, Sp.KK dikutip ANTARA. ”Kalau purging itu lokasinya yang biasanya udah bruntusan, dia akan makin keluar,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Arini mengatakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau AHA-BHA kemungkinan akan menimbulkan efek purging.

Hal tersebut sangatlah wajar, sebab kulit sedang membersihkan diri. Menurut dr. Arini, jerawat dan iritasi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu relatif tidak lama.

Baca juga: Hybrid Makeup Akan Tetap Jadi Tren

Sedangkan breakout, merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap produk perawatan yang digunakan berupa jerawat atau iritasi.

”Kalau breakout yang tadinya enggak ada jerawat jadi ada jerawat, yang tadinya nggak ada apa-apa jadi ada apa-apa,” ujar dr. Arini saat berbincang di Jakarta, Kamis (6/10).

Akan tetapi, beberapa produk perawatan kulit seperti face oil khususnya yang mengandung avocado oil dapat menimbulkan breakout atau ketidakcocokan.

Ini ditandai dengan semakin memburuknya kemunculan jerawat dan iritasi sehingga pemakaian produk tersebut harus segera dihentikan.

“Purging adalah sebuah proses jadi outputnya komedo dan jerawat. Ini akan segera hilang. Breakout enggak akan pernah berhenti, makin lama makin parah,” katanya. (*)

Reporter : Antara

Update