Minggu, 26 Mei 2024

Selain Telur, Konsumsi Kacang-kacangan Juga Ampuh Turunkan Berat Badan

Berita Terkait

Ilustrasi jenis makanan yang ampuh untuk menurunkan berat badan.. (Freepik.com)

batampos – Selain telur, mengonsumsi kacang-kacangan ternyata juga ampuh
menurunkan berat badan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, beberapa makanan ampuh menurunkan berat badan. Ini akan menjadi kabar gembira bagi yang sedang melakukan diet.

Sebab memiliki berat badan yang ideal menjadi salah satu dambaan. Tidak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, berat badan ideal juga menjadikan badan sehat dan nutrisi tercukupi.

Memperhatikan asupanan makanan yang akan dikonsumsi sangat penting jika Anda menginginkan berat badan ideal.

Simak 7 makanan yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Mendeteksi Penyakit dari Kuku Jempol Tangan

1. Telur
Telur dikenal sebagai salah satu makanan yang sering kali dikonsumsi untuk
menurunkan berat badan.

Pasalnya, mengonsumsi telur dapat membantu seseorang merasa kenyang
dalam waktu yang lebih lama. Karena telur kaya akan protein yang tinggi,
lemak tak jenuh, vitamin A dan D, zat besi, dan kalsium. Maka tak heran jika
banyak orang yang menambahkan telur sebagai asupan makanan dietnya.

2. Ikan
Sejatinya, semua protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu
penurunan berat badan. Namun perlu diperhatikan pula ketika ingin
mengonsumi daging sebagai sumber protein hewani. Pilihlah sumber tanpa
lemak untuk mengurangi asupan lemak dan kalori, contohnya seperti ikan.
Ikan memiliki protein dan lemak sehat dengan jumlah tinggi dalam kandungan
kalori yang relatif rendah.

3. Protein nabati
Bagi sebagian orang mungkin tak suka dengan makan daging. Namun tak perlu
khawatir, diet tetap bisa dilakukan dengan memberikan asupan dari protein
nabati. Contohnya seperti tahu, tempe, kentang, dan lainnya. Sama seperti
protein hewani, protein nabati juga dapat meningkatkan rasa kenyang.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas, Enzim Bromelainnya untuk Antikanker hingga Anti Pembekuan Darah

4. Sayur-sayuran
Mungkin sudah tak asing lagi dengan asupan makanan yang satu ini.
Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tak
hanya itu saja, makanan tersebut juga biasa dikonsumsi oleh orang yang
sedang ingin diet. Mengapa demikian, karena sayuran utuh menyediakan
serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang baik.

5. Buah-buahan
Mengonsumsi buah-buahan juga sangat direkomendasikan karena kaya akan
nutrisi dan rendah kalori. Buah dikenal mampu membantu mengelola berat
badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Sering kali orang mengonsumsi
buah alpukat untuk asupan makanannya. Alpukat kaya akan lemak sehat,
serat, dan banyak nutrisi.

6. Oatmeal
Mendengar kata oatmeal rasanya sudah tak asing lagi di telinga. Makanan
yang satu ini sering kali dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan.
Serat yang ada di dalam kandungan oatmeal dapat meningkatkan rasa
kenyang.

Selain itu, dapat memperlambat perjalanan makanan melalui sistem
pencernaan dan juga melepaskan hormon yang meningkatkan rasa kenyang.
Ini yang menjadikan oatmeal sebagai pilihan yang tepat untuk menurunkan
berat badan secara sehat.

7. Kacang-kacangan
Siapa yang tak menyangka jika mengonsumsi kacang-kacangan mampu
menurunkan berat badan. Tak jauh berbeda dengan oatmeal, kacang-
kacangan juga mengandung serat yang dapat memberikan rasa kenyang.

Kacang-kacangan ini meliputi kacang, buncis, kacang polong, dan kacang lentil.
Meskipun kacang-kacangan dapat dimasukkan ke dalam menu makanan sehat,
namun tetap perhatikan jumlah porsi yang dibutuhkan. (*)

Reporter: JPGroup

 

Update