Jumat, 19 Juli 2024

Ruben Onsu Putuskan Tetap Berjualan Live, Merasa Tak Rugikan Siapa pun

Berita Terkait

Ruben Onsu (Instagram Ruben Onsu)

batampos – Ruben Onsu memutuskan tetap berjualan live. Dia merasa tak merugikan siapa pun. Fenomena artis yang berjualan secara live di media sosial dan lokapasar menjadi sorotan beberapa waktu terakhir.

Pasalnya, kegiatan itu dianggap telah membuat persaingan penjualan tidak sehat dan merugikan pelaku UMKM yang berjualan di pasar.

Ruben Onsu menjadi salah satu selebriti yang dianggap merebut pasar. Dia dikritik lantaran kini terjun langsung menjual beberapa produk seperti sembako melalui fitur siaran langsung. Menanggapi itu, Ruben tak mau disalahkan.

Baca juga:Iko Uwais di Film The Expend4bles Sangat Memukau, Jadi Penyelundup Senjata Api Ilegal

Ruben menyatakan, sepinya penjualan di pasar bukan karena ulah dirinya maupun koleganya yang berjualan live. Melainkan karena pemerintah yang tidak bisa mengimbangi perkembangan teknologi. ’’Saya tidak pernah merugikan orang lain. Tanah Abang kosong, artis yang disalahin. Ya, kalau gitu stop aja teknologi yang canggih. Jangan masuk ke Indonesia,’’ tegas Ruben saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (19/9).

Menurut dia, pemerintah seharusnya memutar otak untuk membantu melariskan dagangan para pelaku usaha di pasar. Salah satunya berkolaborasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Lalu, memanfaatkan kemajuan teknologi.

’’Nah, itu tugas pemerintah ngurus Tanah Abang,’’ cetusnya.

Ruben mengaku geram dengan sikap beberapa pihak yang justru menyalahkan selebriti atas masalah itu. ’’Artis tuh emang sasaran paling empuk untuk jadi headline berita. Artis kok jadi kambing hitam,’’ ujarnya.

Suami Sarwendah Tan itu membantah jika keputusannya ikut berjualan melalui siaran langsung untuk memperkaya diri. Dia berdalih justru ingin membantu para pemilik pabrik sembako yang nyaris gulung tikar. ’’Intinya, saya nggak mau akuisisi itu (pabrik sembako, Red). ’Kamu (pemilik pabrik, Red) kelola aja dan saya beli full produknya’. Saya beli terus demi menyelamatkan orang yang kerja dan berada di situ kan,’’ papar Ruben.

Dia mengaku tak peduli dengan semua komentar negatif tentang aksi jualannya. Bapak dua anak itu menyatakan, niatnya murni untuk membantu. Apalagi, penghasilan yang diterimanya dari berjualan langsung itu tidak seberapa. ’’Jumlah persentasenya juga kecil. Justru saya memberikan afiliator-afiliator. Ibaratnya, semua yang punya produk saya bantu pasarin,’’ jelas Ruben.

Ruben menerima tawaran berjualan langsung karena merasa bisa tetap bekerja dari rumah tanpa harus meninggalkan keluarga. ’’Saya mau pasarin karena kerja dari rumah. Kerjaan dapat, waktu sama anak-anak juga dapat,’’ terangnya. (*)

Reporter: jpgroup

Update