Kamis, 25 April 2024

Rilis ‘Smara Rindu’, Dewa Budjana Kolaborasi dengan Rhoma Irama

Berita Terkait

Dewa Budjana- Rhoma Irama. (Abdul Rahman/JawaPos.com)

batampos – Dewa Budjana kolaborasi dengan Rhoma Irama merilis single ‘Smara Rindu’. Kolaborasi beda generasi dan benda genre musik ini belum pernah ada sebelumnya.

Dewa Budjana, gitaris grup band GIGI mengatakan, meski secara musik berbeda, dirinya sejatinya sudah memendam rasa sudah sejak lama ingin sekali berkolaborasi dengan Rhoma Irama.

Dia merasa kurang lengkap rasanya sudah berkolaborasi dengan sejumlah musisi luar negeri apabila tidak berkolaborasi dengan Rhoma Irama. Namun selama ini Dewa Budjana hanya menyimpan keinginan tersebut tanpa mengungkapkannya kepada Bang Haji.

“Saya cukup banyak kolaborasi termasuk musisi luar negeri. Saya bahkan pernah kolaborasi dengan musisi yang tidak mudah ditembus,” kata Dewa Budjana di bilangan Kemang Jakarta Selatan, Rabu (26/7).

Baca juga: Mantel Bulu Ken di Film Barbie Terinspirasi Sylvester Stallone

Sampai akhirnya ide untuk berkolaborasi dengan Rhoma Irama diungkapkannya saat bertemu secara langsung dalam sebuah kesempatan sekitar tahun lalu.

“Beliau merespon positif sambil bersenandung gitu. Saya penginnya Pak Haji yang bikin lirik. Beliau ini bikin lirik lagu luar biasa. Lagu-lagunya kemana saja pas. Tapi Pak Haji maunya nyanyi saja. Ya sudah saya bikin lirik lagunya,” katanya.

Diajak Dewa Budjana berkolaborasi, Rhoma Irama merasa terhormat. Dia pun menyebut pemilik nama lahir I Dewa Gede Budjana sebagai salah satu gitaris handal Indonesia.

“Tiba-tiba beliau datang menyampaikan hajatnya berkolaborasi, kaget juga. Saya senang sekali karena buat saya musik dengan segala genre, musik itu universal,” tutur Rhoma Irama.

Sang Raja Dangdut tertarik dengan kolaborasi ini karena dianggapnya unik. Lagu Smara Rindu diramu dengan komposisi memadukan nuansa jazz dan rock serta dipadukan dengan cengkok khas Rhoma Irama.

“Saya lama menyelami lagu ini. Buat saya ini cukup unik. Semua gagasannya dari beliau (Dewa Budjana). Dari lagunya, liriknya, dari beliau,” katanya.

Dewa Budjana mengungkapkan, awalnya lagu Smara Rindu akan diberi judul Soneta Gitarku. Namun setelah diminta pendapatnya kepada tim, termasuk Rhoma Irama, akhirnya diputuskan Smara Rindu.

Di lagu ini, Dewa Budjana juga mengajak pencabik bas band metal Dead Squad, Shadu Rasjidi, drummer beken dengan gaya berciri berkebangsaan Australia, Virgil Donati, serta mixing engineer level Grammy asal Amerika, Rich Breen. (*)

Reporter: JPGroup

Update