Kamis, 25 Juli 2024

Rekomendasi Empat Menu Vegan yang Menggugah Selera

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Tofu steak menu spesial vegan yang dimodifikasi layaknya makanan berbahan hewani. (Pinterest/Sarah McMinn)

batampos – Menerapkan gaya hidup sehat vegan. Ini rekomendasi empat menu vegan yang menggugah selera.
Di Indonesia mungkin masih jarang untuk menemukan orang yang membudidayakan hidup sehat dengan konsumsi lemak nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian saja.

Namun tahukah kamu, membiasakan gaya hidup sehat seperti konsumsi lemak nabati, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian disebut dengan gaya hidup vegan.

Vegan adalah orang yang menerapkan pola makan nabati dan menghindari bahan makanan hewani, tak jarang mereka mendapat sindiran dari masyarakat atau dari media sosial mengenai gaya hidup mereka yang anti hewani. Mereka tidak mengonsumsi daging, ikan, susu, telur, dan produk turunannya.

Veganisme bukan hanya sekadar pola maka, tetapi juga gaya hidup yang berupaya untuk menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lainnya.

Namun, tahukah Anda, bahwa vegan bukan berarti tidak bisa menikmati makanan enak seperti steak atau daging cincang?

Pada Hari Vegan sedunia (1 November), mitos tersebut dipatahkan oleh para koki dan ini dia beberapa menu spesial untuk menikmati keindahan kreasi nabati dan kemungkinan tak terbatas yang ditawarkannya.

Dilansir dari timesofindia, Rabu (8/11), ini dia menu spesial yang tidak kalah enaknya dengan makanan hewani.

Baca Juga: Dior Ganti Bella Hadid dengan Model Israel, Warga Net Serukan Boikot Dior

1. Daging steak vegan

Daging vegan atau daging nabati adalah produk makanan yang dibuat dari bahan-bahan nabati seperti kacang-kacangan, serealia, dan protein lainnya.

“Yang istimewa dari resep vegan ini adalah protein kacang polong tidak mengandung alergen apapun. Ini bebas dari laktosa dan hidangan utama yang sehat. Dan wortel panggang memberikan keseimbangan manis dan lembut pada hidangan,” ucap Chef Amit Shetty dari Cafe Noir.

Daging nabati umumnya mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan daging hewani. Selain itu, daging nabati juga tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh seperti daging hewani.

Namun, perlu diingat bahwa nutrisi yang terkandung dalam produk daging nabati bisa bervariasi tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

2. Pancake matcha vegan

Pancake matcha vegan menjadi salah satu pilihan menu sarapan spesial, “Resep ini luar biasa bukan hanya karena vegan, tetapi juga dapat dibuat dengan bahan-bahan dasar yang kemungkinan besar sudah ada di dapur Anda. Menambahkan kebaikan Matcha yang kaya antioksidan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi di pagi hari sekaligus memuaskan hasrat sarapan manis Anda,” pungkas Chef Rahul Ramnani dari Ritual Daly Coffee.

Matcha adalah bubuk teh hijau yang kaya akan antioksidan dan nutrisi. Pancake matcha vegan tidak mengandung telur, susu, atau mentega, sehingga lebih rendah kalori dan lemak. Selain itu penggunaan tepung gandum utuh dan pemanis alami seperti madu atau sirup maple dapat meningkatkan kandungan serat dan nutrisi dalam pancake.

Namun, perlu diketahui bahwa pancake matcha vegan yang dijual di toko mungkin mengandung bahan tambahan yang tidak sehat, seperti pengawet dan pewarna buatan. Pastikan untuk memeriksa label dengan cermat sebelum membeli.

3. Nugget tahu

Nugget tahu dikategorikan sebagai makanan vegan yang lezat karena bahan utamanya adalah tahu, yang merupakan sumber protein nabati yang baik. Selain itu, nugget tahu juga dapat diolah dengan bahan-bahan lain yang vegan seperti tepung roti, tepung jagung, tepung beras, dan rempah-rempah.

4. Sup shiitake

Sup shiitake mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, dan mineral seperti seng dan tembaga. Selain itu, shiitake juga mengandung senyawa aktif yang disebut beta-glukan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, daftar menu diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi menu makanan sehat ataupun diet, perlu diingat bahwa kita juga memerlukan gizi yang seimbang. Terdapat kandungan nutrisi pada pangan hewani yang tidak ada pada pangan nabati, contohnya seperti protein hewani, asam amino, omega 3, zinc dll.

Menurut Dr.Susianto, MKM, Presiden World Vegan Organisation (WVO) & Vegan Society of Indonesia (VSI), ada beberapa alasan mengapa banyak orang di dunia memilih menjadi vegan. Diantaranya yaitu karena kesehatan, lingkungan, agama, peran publik figur, dan perlindungan hewan.(*)

Reporter: jp group

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan