Minggu, 26 Mei 2024

Lima Cara Mengatasi Batuk Berdahak di Rumah Secara Alami

Berita Terkait

Ilustrasi batuk. (Freepik.com)

batampos – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak di rumah secara alami.

Batuk dan pilek merupakan kondisi yang paling umum menjangkit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Namun, ada beberapa kondisi batuk dan pilek yang sebaiknya diperhatikan yakni batuk berdahak.

Batuk berdahak adalah kondisi ketika saluran pernafasan memproduksi lebih banyak lendir atau dahak.

Saat mengalami kondisi batuk berdahak, biasanya daya tahan tubuh akan menurun dan pengidap lebih rentan terjangkit flu atau pilek.

Meskipun batuk dianggap sebagai penyakit ringan, jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Pasalnya, produksi lendir berlebih dapat menyebabkan penumpukan dahak di dada, sehingga akan mempengaruhi saluran pernafasan.

Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas yang dipicu adanya perkembangan virus atau bakteri.

Sehingga proses penyembuhannya pun membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

Dilansir dari Healthline, Rabu (8/10), berikut penjelasan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak di rumah secara alami.

Baca Juga:Dior Ganti Bella Hadid dengan Model Israel, Warga Net Serukan Boikot Dior

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat dapat membantu meredakan batuk berdahak. Sebab, uap dari air hangat yang terhirup bisa membantu mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan.

Selain itu, mandi air hangat juga sangat baik bagi kesehatan karena dapat melancarkan sirkulasi oksigen dan menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh dengan baik.

2. Gunakan Humidifier atau Pelembab udara
Humidifier merupakan alat bantu untuk melembabkan udara di dalam ruangan. Penggunaan alat tersebut mampu meredakan batuk berdahak secara alami.

Pasalnya, kondisi tenggorokan yang kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Penggunaan humidifier dapat melancarkan saluran pernafasan dan mencairkan dahak sehingga mudah dikeluarkan dari paru-paru.

3. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat proses penyembuhan batuk.

Konsumsi buah jeruk atau minum jus jeruk saat batuk bisa mempersingkat masa penyembuhan.

4. Minum Air Putih
Air putih merupakan sumber cairan utama yang berguna untuk menghidrasi tubuh. Air putih sangat penting karena bisa melawan infeksi bakteri yang menyebabkan batuk berdahak. Minum air putih setidaknya delapan gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi.

5. Konsumsi Minuman Herbal
Minuman herbal sangat baik untuk mengatasi batuk berdahak. Ada beberapa jenis minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala, seperti jahe hangat, teh lemon, teh jahe, madu, dan beberapa bahan herbal lainnya dengan air hangat.

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Selain itu, minuman herbal juga bisa menghangatkan badan dan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan. (*)

Reporter: jp group

 

Update