Rabu, 10 Agustus 2022

Periksa Komponen Penting di Mobil saat Menghadapi Musim Hujan

Berita Terkait

Rainy Campaign merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi Motors untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap prima. f. dok. MMKSI

batampos – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi yang menyatakan bahwa untuk sebagian besar wilayah di Indonesia diprakirakan mengalami awal musim hujan pada kisaran Oktober dan November 2021. Hujan dalam kaitannya dengan kegiatan berkendara merupakan kondisi yang sangat perlu diperhatikan.

Selain memberikan efek pada jalanan yang licin, visibilitas pengendara tentu jadi berkurang bila dibandingkan dengan kondisi cerah. Untuk itu mobil perlu dipersiapkan dalam kondisi maksimal dalam menghadapi musim hujan. Persiapan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa komponen penting di mobil yang berfungsi pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal.

Berikut beberapa komponen mobil yang dapat dicek dan diperhatikan sebagai persiapan berkendara di musim hujan.

Kondisi Wiper
Wiper merupakan peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga, sangat dibutuhkan ketika berkendara.

Untuk itu, pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan. Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya diganti agar berfungsi membersihkan kaca mobil dengan baik dan membuat pandangan Anda tidak terganggu saat hujan.

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Kondisi Ban Mobil
Ban merupakan komponen mobil yang langsung berhubungan dengan jalan. Namun kita harus tetap waspada kondisi ban ketika berkendedara di permukaan yang basah da licin supaya tidak menyebabkan mobil kehilangan traksi atau melintir. Agar perjalanan Anda lancar selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika permukaan dan alur ban sudah botak, segera ganti ban Anda dengan yang baru. Selain itu, lakukan pengecekan terhadap tekanan angin ban dan pastikan agar sesuai dengan standar dan petunjuk pabrikan atau bisa dicek label di sebelah pintu driver.

Kondisi Rem
Rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala untuk memastikan keamanan berkendara, terlebih pada musim hujan. Dimana jarak pengereman kendaraan di musim hujan lebih Panjang daripada pada saat kondisi jalanan kering.

Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi kampas rem untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan penggantian. Jika saat melakukan pengeraman teredengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil Anda sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

Kelistrikan Mobil
Lampu merupakan komponen penting untuk membantu visibilitas pengemudi, terlebih pada saat mengendarai saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu mobil, baik depan maupun belakang berada dalam kondisi baik. Sebab, peran lampu saat hujan deras sangat penting bagi pengendara, juga pengendara lain untuk mengetahui posisi kendaraan Anda.

Pastikan fungsi kelistrikan yang utama di mobil Anda semua berfungsi dengan baik. Mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya. Kabel kelistrikan pada ruang mesin umumnya sudah dibekali dengan socket yang waterproof. Namun, pengecekan tetap diperlukan untuk memastikan kondisi kabel baik dan tidak terbuka ataupun terkelupas karena gigitan hewan atau penyebab lainnya, yang dapat berpotensi menyebabkan problem bagi mobil.

“Selama musim hujan, kami berharap semua konsumen dapat lebih mempersiapkan kondisi kendaraannya. Persiapan kendaraan dalam menghadapi musim hujan sangat penting dikarenakan Anda akan mengandalkan kondisi kendaraan termasuk komponen yang vital, seperti wiper, aki, ban, rem, dan kelistrikan guna memastikan perjalanan Anda akan aman dan nyaman.

BACA JUGA: Tom Liwafa Antar Gala ke Jakarta

Selain perawatan dan pengecekan kendaraan yang dapat dilakukan mandiri oleh konsumen, kami menyarankan konsumen untuk secara berkala memeriksakan kondisi kendaraannya di bengkel Mitsubishi. Dengan melakukan perawatan berkala dapat dipastikan kendaraan yang akan dipakai sudah melalui pengecekan lengkap sesuai buku panduan service berkala yang berarti kondisi kendaraan telah siap untuk melewati berbagai kondisi jalan,” ungkap Boediarto, General Manager After Sales Division PT MMKSI.

Pada Desember dimana musim hujan masih berlangsung, MMKSI juga menghadirkan “Rainy Campaign” yang merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi Motors yang bertujuan untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap prima guna memberikan rasa aman kepada pelanggan menghadapi musim hujan dengan penggunaan suku cadang asli Mitsubishi Motors yang diselenggarakan pada periode 1 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022, di seluruh diler resmi Mitsubishi Motors dengan fasilitas 3S, dan ditujukan kepada konsumen dengan model Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage.

Informasi mengenai waktu dan jadwal pelaksanaan servis dan operasional dealer bisa melalui fitur aplikasi MMID yang dapat di unduh melalui Play Store atau Apps Store ataupun dapat menghubungi layanan hotline Mitsubishi Customer Care di 0804-1-300-300. (*)

Reporter: JP Group

Update