Senin, 15 April 2024

Peneliti Ungkap Kunyit Mengobati Gangguan Pencernaan

Berita Terkait

ILUSTRASI Kunyit untuk obat pencernaan, kandungan kurkuminnya bersifat anti-inflamasi dan antimikroba . (health.com)

batampos – Sebuah penelitian menemukan bahwa salah satu rempah yaitu kunyit mungkin sama baiknya untuk mengobati gangguan pencernaan seperti halnya obat.

Dikutip dari The Guardian, temuan yang dipublikasikan di jurnal BMJ Evidence-Based Medicine, senyawa alami yang ditemukan dalam bumbu masakan ini mungkin sama efektifnya dengan obat yang digunakan untuk mengurangi kelebihan asam lambung yaitu omeprazole.

Kunyit mengandung senyawa aktif alami yang disebut kurkumin, diduga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang telah lama digunakan sebagai obat, termasuk untuk gangguan pencernaan di Asia Tenggara.

Baca Juga:Cara Mudah Membuat Teh Tarik

Namun, hingga saat ini belum jelas seberapa baik obat ini dibandingkan dengan obat konvensional untuk gangguan pencernaan, terutama karena belum ada studi perbandingan.

Dalam uji klinis double-blind dan terkontrol plasebo, para peneliti mempelajari 206 pasien berusia 18 hingga 70 tahun yang mengalami sakit perut berulang.

Mereka direkrut dari rumah sakit di Thailand antara tahun 2019 dan 2021, dan secara acak dimasukkan ke dalam salah satu dari tiga kelompok pengobatan selama 28 hari.

Bahan-bahan tersebut adalah kunyit (dua kapsul besar kurkumin 250 mg 4 kali sehari) dan satu kapsul tiruan kecil, omeprazole (satu kapsul kecil 20 mg setiap hari dan dua kapsul tiruan besar 4 kali sehari) dan kunyit ditambah omeprazole.

Omeprazole adalah penghambat pompa proton (PPI) yang digunakan untuk mengobati dispepsia (gangguan pencernaan).

Namun, penggunaan PPI dalam jangka panjang kemungkinan akan meningkatkan risiko patah tulang, defisiensi mikronutrien dan peningkatan risiko infeksi.(*)

Reporter: jp group

Update