Rabu, 19 Juni 2024

Once: Dewa 19 Band Besar dengan 70 Ribu Penonton, Gimana Bisa Saya Saingi

Berita Terkait

Penyanyi Once Mekel (kanan) saat menggelar jumpa media di Jakarta, Jumat (31/3). (ANTARA/Adnan Nanda)

batampos – Penyanyi Once Mekel mengatakan bahwa dirinya hanya akan membawakan satu lagu milik Dewa 19 yaitu ‘Cemburu’ ketika tampil di atas panggung. Ia menegaskan bahwa hal itu bukan merupakan ancaman bagi eksistensi band tersebut, dikutip dari ANTARA.

“Satu lagu yang saya bawakan itu tidak pernah bisa menandingi Dewa 19. Artinya, band sebesar itu dengan 70 ribu penonton, gimana bisa saya saingi? Saya berpikir satu lagu tidak akan merugikan Dewa 19, apalagi saya membawakan sesuai aturan pembayaran royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif,” kata Once saat menggelar jumpa media di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, Jumat (31/3) kemarin.

Baca Juga:Takut Hampa saat Lebaran, Rossa Pilih Mudik

Solois bernama lengkap Elfonda Mekel itu menjelaskan hal tersebut terkait polemik yang saat ini terjadi antara dirinya dengan penggawa grup Dewa 19, Ahmad Dhani, yang secara terbuka melayangkan somasi agar Once tidak membawakan lagu-lagu band tersebut sepanjang tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut Once juga mengomentari sejumlah informasi yang menyebutkan bahwa dirinya memasang tarif terlalu tinggi kala tampil di konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Februari lalu.

“Saya nggak merasa mahal karena saat itu dalam konteks JIS yang dihadiri 70 ribu penonton, saya cuma minta dibayar dua kali lipat dari biasanya. Apa itu kemahalan? Tidak. Mungkin Mas Dhani dengar informasi dari sumber lain, namun saya pikir nggak seperti itu,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya juga tidak meminta royalti, semisal dari setiap penjualan satu tiket yang bisa saja dilakukan oleh siapa pun penampil kala itu.

“Tapi saya tidak melakukan itu, hanya berupa bayaran flat. Artinya, ketika penonton ternyata bertambah banyak pun saya nggak dapat tambahan apa-apa. Belum lagi dari iklan dan sebagainya. Jadi, tolong dipahami bahwa balance-nya hanya dua kali lipat dan relatif nggak berlebih-lebihan. Dari pihak event organizer Redline juga nggak ada keluhan dan menganggap itu wajar,” paparnya.

Lebih lanjut Once menegaskan dirinya tidak terobsesi menjadi penyanyi dengan tarif termahal di Indonesia. Baginya, karya yang mendapatkan tempat di hati pendengar adalah segalanya.

“Saya hanya ingin suara saya dinikmati semua orang dan punya arti buat mereka. Dalam karier solo, saya beruntung dan merasa puas bermain di kalangan penggemar sendiri yang mencintai karya saya serta datang ke konser. Cuma, memang dalam kenyataannya ada mekanisme ekonomi bisnis yang harus diseimbangkan,” kata Once.

ILUSTRASI: Ahmad Dhani (Imam Husein/Jawa Pos)

Ahmad Dhani Larang Once Mekel Menyanyikan Lagu Dewa 19

Sebelumnya, Ahmad Dhani mengeluarkan peringatan keras kepada mantan vokalis Dewa 19, Elfonda Mekel atau lebih dikenal dengan sapaan Once Mekel untuk tidak menyanyikan satupun lagu Dewa 19 di panggung. Meski status Once adalah mantan vokalis yang pernah turut dalam perjalanan Dewa.

“Saya melarang, spesifik Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak ditetapkan di HAKI. Saya larang Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa,” tegas Ahmad Dhani, Selasa (28/3) seperti diberitakan pojoksatu, Rabu (29/3).

Ahmad Dhani beralasan, pihaknya secara tegas mengeluarkan larangan Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 terhitung sejak Selasa (28/3). Itu karena ingin memberikan privilege terhadap EO atau promotor konser Dewa 19 supaya lagu-lagu dari Dewa 19 secara eksklusif hanya bisa dinikmati dalam gelaran konser.

“Saya nggak mau Once menyanyikan lagu Dewa itu karena mengganggu konser Dewa. Kita mau memberikan privilege lah ke EO. Hanya EO konser Dewa 19 yang bisa mempersembahkan lagu-lagu Dewa 19,” kata Dhani di bilangan Pluit Jakarta Utara Selasa (28/3).

Ahmad Dhani menyebut, setelah lebaran Idul Fitri, konser Dewa 19 ada banyak dan sudah terisi sampai dengan bulan Desember 2023 mendatang. “Setiap weekend ada 2 kali konser,” akunya.

Dewa 19 sebenarnya terbiasa menggandeng sejumlah vokalis dalam gelaran konsernya. Mulai dari Ari Lasso, Once, Virzha, hingga Ello. Dalam gelaran konser tahun ini, Dhani menyebut kemungkinan konser Dewa 19 akan dihelat tanpa melibatkan Once. “Tidak (melibatkan Once),” katanya.

Sementara itu, pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, mengingatkan akan konsekuensi hukum apabila Once nekat tetap menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Konsekuensi hukum tersebut mengacu pada UU tentang Hak Cipta.

“Kalau dia melanggar Pasal 9 ayat 1 huruf C,D, dan H untuk penggunaan secara komersial, pidananya 3 tahun dan denda Rp 500 juta. Kalau Once melanggar ketentuan pasal 9 ayat 1 huruf A, B, E, G, ancamannya 4 tahun,” ucap Ali Lubis.

Dalam kesempatan itu, pengacara Ahmad Dhani menekankan pemanfaatan sebuah karya lagu baru berlaku penerapan sistem royalti apabila sudah mengantongi izin dari pemilik hak. Dengan demikian, perizinan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan jika akan membawakan sebuah karya secara komersial. “Royalti itu imbalan jasa setelah melakukan pemanfaatan, tapi kalau tidak ada izin ya kena,” tegasnya.

Suami Mulan Jamelaa ini mempersilahkan Once menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Dhani di luar Dewa. “Lagu Ahmad Dhani yang lain boleh, khusus lagi Dewa (yang tak boleh). Lagu saya yang ada di Triad, yang ada di Ahmad Band atau yang ada di Reza Artamevia juga boleh,” sebutnya. Ahmad Dhani menegaskan ingin menjaga marwah konser Dewa 19, terlebih mereka memiliki EO yang memiliki hak tersendiri sebagai pihak yang bisa menampilkan lagu Dewa 19. (*)

Reporter: JP GROUP

Update