Senin, 22 April 2024

Nikmati Sarapan Menu Australia di Gazoz Cafe Batam

Berita Terkait

batampos – Dunia kuliner Batam kembali berwarna.Satu lagi restoran dan kafe hadir. Yakni, Gazoz Cafe and Restaurant. Kafe ini menghadirkan menu sarapan khas Australia.

Koki sekaligus pemilik Gazoz Cafe and Restaurant Batam menunjukkan Breakfast board saat pembukaan Gazoz Cafe di Ruko Sinar Penuin, Lubukbaja, Selasa (1/8/2023). F Chahaya Simanjuntak/Batam Pos.

Kafe ini hadir sebagai jawaban atas rasa suka Gunawan, koki yang juga sekaligus pemilik kafe tersebut. “Saya sangat menikmati coffee lifestyle dan sarapan di Australia. Kopi dan sarapan pagi di Australia itu sangat penting. Jadi, saya mengadopsinya ke sini,” ujar Gunawan saat ditemui di sela-sela opening Gazoz Cafe and Restaurant di di Ruko Sinar Penuin, seberang pusat perbelanjaan BCS, Lubukbaja, Selasa (1/8/2023) pagi tadi.

BACA JUGA:
Termaknyus, Rawon Ungguli Tonkotsu Ramen Jepang

Gunawan yang akrab disapa chef Gunawan ini menyebutkan, kafe dan restoran ini menyajikan menu pilihan, seperti: Honey roasted pumpkin, smashed avo, Gazoz egg pocket, Chilli crab scrambled egg on toast, smoked salmon bagel, soft shell crab croissant,Napolitana, dan juga breakfast burger.

Salah dua menu yang wajib coba di kafe ini yakni Smashed Avo dan Breakfast burger. Smashed Avo disajikan dengan roti sourdough, olesan alpukat, telur rebus dengan tingkat setengah matang yang sempurna, beralaskan buah bit yang sudah diolah menjadi slei dengan campuran hummus dan lemon. Rasanya sangat menyegarkan dikonsumsi di pagi hari atau menu brunch.

Ada juga burger yang disajikan dengan bun brioche, kentang rosti, telur mata sapi, potongan alpukat, bawang caramel, mozarella crisp, yang disajikan dengan kentang goreng.

Bagi pengunjung yang ingin bersantap dengan teman-teman dengan beragam menu dalam satu penyajian, kafe ini juga menghadirkan menu Breakfast Board. Menu ini lengkap dengan ikan salmon, sayuran, labu panggang, apple pie french toast, dan aneka menu lainnya. “Menu ini menu favorit di sini. Harganya Rp 350 ribu bisa dinikmati 2-3 orang,” jelas Gunawan.

Selain mengutamakan rasa, seluruh menu yang disajikan di kafe ini juga sangat memperhatikan penampilan saat disajikan kepada para pengunjung. ” Sesuai nama kafenya, Gazoz yang artinya gastronomi Oz atau seni menyajikan makanan yang lezat dari Australia,” ujar Chef Gunawan.

Bagi Anda penikmat makanan manis, kafe ini juga menyajikan Apple pie French toast. Selain penyajiannya yang artistik, bahan yang digunakan juga sangat berkualitas dan terjamin kesegarannya. “Dessert manis yang kami sajikan ini, rotinya disajikan dingin tapi lembut dengan topping apple pie yang segar dan manis,” jelas Gunawan.

Pilihan menu di kafe ini sangat terbatas, namun mempunyai penikmat khusus. Untuk minuman sendiri, aneka jenis kopi seperti americano, espresso, ada juga creme brulee yang wajib coba.

Hadirnya Gazoz menjadi warna tersendiri bagi dunia kuliner Batam. Gunawan ingin memperkenalkan kultur sarapan pagi yang berbeda bagi para penikmatnya. “Ini adalah kerinduanku. Menghadirkan brand new concept in Batam. Konsep yang segar. Menghadirkan keindahan seni lewat tampilan menu, kenyamanan saat mencicip, dan rasa,” ujarnya.

“Di sini, aku memposisikan diri sebagai customer. Saat mereka mencicip menu makanan dan minuman yang tersaji di Gazoz, aku ingin mereka merasakan bukan lagi ada di Batam, tapi feelnya ada di Australia. Karena cita rasa yang kami sajikan sangat otentik menu sarapan khas Australia,” jelasnya.

Gunawan merupakan salah satu koki asal Indonesia yang terkenal di Australia. Pria 33 tahun ini merupakan lulusan Le Cordon Bleu Australia, spesial koki pastri. Lebih 10 tahun malang melintang di dunia restoran di Australia, membuatnya membuka restoran dan kafe Gazoz dengan konsep yang berbeda di Batam.

Gazoz sendiri melayani pengunjung mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya. Kafe ini bisa menjadi pilihan utama warga Batam untuk sarapan, nongkrong bersama teman dan keluarga, atau kerja dari kafe.

Kafe dan restoran ini mampu menampung sekitar 85 pengunjung, yang dilayani di lantai 1 dan dua. Tersedia juga corner untuk tamu yang ingin bekerja online dan juga corner untuk mereka yang ingin me time. “Khusus promo opening, kami memberikan diskon 10 persen selama tiga hari sampai 3 Agustus 2023,” tutup Gunawan. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak

 

Update