Selasa, 16 Agustus 2022

Minum Jus Bit Setiap Hari Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

Bit kaya akan nitrat dan sarat dengan manfaat kesehatan. (Foto: India Today/Getty Images)Bit

batampos – Minum segelas jus bit setiap hari baik untuk penderita penyakit jantung. Sebab orang yang menderita penyakit jantung memiliki kadar oksida nitrat yang rendah. Sedangkan bit kaya akan nitrat.

Dilansir dari India Today pada Jumat, bit adalah salah satu sayuran paling sehat. Bit kaya nutrisi dan sarat dengan banyak manfaat kesehatan.

Sebuah studi penelitian baru-baru ini mencatat bahwa minum segelas jus bit setiap hari dapat membantu orang yang menderita penyakit jantung koroner.

Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi British Cardiovascular Society di Manchester mencatat bahwa segelas jus bit secara teratur dapat mengurangi tanda-tanda peradangan pada pembuluh darah yang diketahui tinggi pada orang dengan kondisi jantung.

Baca juga : Jus, Yogurt hingga Susu Cokelat Pilihan Baik Setelah Berolahraga

Para peneliti mempelajari 114 sukarelawan sehat. 78 orang diberi vaksin tipus untuk sementara meningkatkan peradangan di pembuluh darah mereka, dan yang lain diberi krim untuk membuat lepuh kecil di kulit mereka untuk mempelajari peradangan lokal.

Para relawan minum 140ml jus bit setiap hari di pagi hari selama tujuh hari. Separuh dari mereka minum jus yang mengandung nitrat tinggi sedangkan separuh lainnya minum jus dengan nitrat yang dihilangkan.

Kelompok yang minum jus kaya nitrat memiliki kadar oksida nitrat yang lebih tinggi dalam darah, urin, dan air liur mereka. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang diberi krim untuk membuat lepuh kecil dan minum jus kaya nitrat, lepuh mereka sembuh lebih cepat. Jumlah sel darah putih inflamasi dalam sampel cairan dari lepuh juga lebih rendah setelah tiga hari.

Oksida nitrat secara alami diproduksi oleh tubuh dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Ini membantu mengatur tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Para peneliti percaya bahwa peningkatan kadar oksida nitrat membantu mempercepat pemulihan.

Mereka sekarang berencana untuk melakukan uji klinis yang melibatkan orang-orang dengan penyakit jantung untuk melihat apakah diet tinggi nitrat memiliki efek yang sama dan dapat mengurangi risiko serangan jantung. (*)

Reporter : umy

Update