Jumat, 23 Februari 2024

Mengucapkan Alhamdulillah Sangat Penting dalam Kehidupan Sehari-hari, Ini Faedahnya

Berita Terkait

Ilustrasi Rombongan umrah pada saat berdoa dan mengucap Alhamdullilah saat sebelum berangkat. Foto: Dipta Wahyu/JawaPos

batampos – Mengucapkan hamdalah atau Alhamdulillah sangat penting dilakukan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faedah (manfaat) nya yang akan dirasakan saat terbiasa mengucapkan alhamdulillah. Alhamdulillah memiliki arti Segala puji bagi Allah.

Mengucapkan alhamdulillah kerap dilakukan para ulama ketika mereka memulai menulis karya mereka. Biasanya mereka mengawalinya dengan memuji Allah dengan berbagai macam kalimat pengungkapan.

Baca juga:Rolling Stones Rilis Album ‘Hackney Diamonds’ setelah 2 Dekade

Mengucapkan Alhamdulillah penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita selaku hamba.

Setidaknya ada 2 alasan mengapa mengucapkan Alhamdulillah penting sekali menjadi kebiasaan kita sehari-hari.

1. Alhamdulillah ada di Surat Alfatihah

Surat Alfatihah diawali dengan Alhamdulillah. Hal itu menyuntikkan kesadaran kepada umat manusia akan pentingnya mengucap rasa syukur kepada Sang Pencipta. Dilansir dari NU Online, Alfatihah yang di dalamnya ada Aldhamulillah perlu dibaca setiap kali akan melakukan kegiatan yang positif.

Alfatihah dikenal dengan sebutan nama lain yaitu ummul kitab atau induk dari Alqur’an. Artinya, esensi dan inti dari Alqur’an terkandung di dalam surat Alfatihah.Jika 30 juz Alqur’an diperas, intisarinya ada di Alfatihah.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah, artinya kita mengakui betul bahwa Allah Maha Lengkap. Kelengkapan Tuhan ini bisa dilihat dari sifat, perbuatan, dan bukti prasasti-Nya di jagad raya.

2. Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Mengucapkan Alhamdulillah bisa dilakukan di akhir melaksanakan suatu kegiatan sebagai ekspresi rasa syukur kepada Allah sudah diberikan kekuatan dan kemampuan dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

Dikutip dari NU Online, ada 11 kondisi dimana kita disunnahkan untuk membaca Alhamdulillah. Yaitu pada saat memulai menulis atau mengerjakan sesuatu, pada saat tuntas mengerjakan suatu pekerjaan, pada saat keluar dari toilet, ketika mau belajar, dan saat berceramah atau mendengarkan ceramah.

Selain itu, Alhamdulillah juga penting diucspkan setiap kali selesai makan dan minum, akad nikah, melamar perempuan, mengawali dan mengakhiri doa, mendapat nikmat, dan ketika ads keluarga meninggal dunia.

Dalam sebuah hadist dinyatakan, ketika orang meninggal dan keluarganya mengucapkan Alhamdulillah dan innalillahi, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga yang dinamai bait al-hamd. (*)

Reporter: jp group

Update