Selasa, 21 Mei 2024

Menghilangkan Lemak Perut Secara Efektif, Lakukan 7 Tips ini dengan Konsisten!

Berita Terkait

Ilustrasi lemak perut yang mengganggu/ Sumber: freepik.com/drobotdean

batampos – Menghilangkan lemak perut secara efektif bisa dilakukan dengan tujuh tips ini. Tapi jangan lupa harus dilakukan dengan konsisten ya! Lemak yang menumpuk di perut menyebabkan lingkar pinggang.

Tidak hanya mengganggu penampilan, lingkar pinggang yang besar juga terkait dengan beragam risiko penyakit yang menghampiri, seperti risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Lemak visceral, umumnya dikenal sebagai lemak perut yang merupakan lapisan lemak di bawah otot perut.

Lokasinya penting di sekitar organ vital, yang membuat lemak perut memasok sumber energi yang konstan sekaligus membuat tubuh terkena racun.

Baca Juga: Kim Nahee Meninggal Dunia di Usia 24 Tahun, Penyebab Kematian Tak Diungkap

Sel lemak yang terlalu besar, dapat memproduksi racun secara berlebihan sehingga meningkatkan risiko peradangan kronis, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Menurunkan berat badan, terutama lemak perut bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kualitas tidur.

Ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak perut agar terhindar dari ancaman penyakit.

1. Hindari makan ketika malam

Dilansir dari Forbes, tubuh memiliki ritme sirkadian alami yang membantu mengurangi penyimpangan lemak.

Makan lebih awal akan membuat tubuh lebih baik dalam memproses makanan serta membantu mengontrol berat badan.

Jika kamu tidak membatasi asupan kalori, kamu akan sulit mencegah penambahan berat badan. Hentikan makan camilan saat malam untuk membantu mengurangi lemak di perut.

Hal ini karena respons hormonal yang terkait insulin akan bekerja lebih baik dalam membersihkan glukosa dari darah pada hari sebelumnya.2. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan kunci penurunan berat badan, khususnya pengurangan lemak perut.

Center for Disease Control and Prevention’s menyarankan, aktivitas aerobik dengan intensitas sedang selama 150 menit.

Kamu juga bisa melakukan jalan cepat dan bersepeda santai selama 75 menit. Aktivitas berat seperti berlari dan bermain bola basket dilakukan dua hari dalam seminggu.

3. Perbanyak asupan serat

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat membantu mengatur penggunaan gula dalam tubuh ketika gula melewati sistem pencernaan.

Meningkatkan asupan serat harian, akan menghasilkan rasa puas setelah makan, mengurangi lonjakan dan penurunan gula darah serta mengurangi jumlah kalori sepanjang hari.

Kamu bisa menghilangkan lemak perut dengan berusaha mendapatkan sekitar 25gram serat dalam setiap kali makan. Makanan yang kaya serat seperti kacang-kacangan, apel, dan sayur-sayuran hijau.

4. Prioritaskan tidur yang cukup

Tidur yang buruk dapat memperburuk dan mengganggu banyak aspek dalam hidup dan menyebabkan lemak perut.

Studi di Sleep menemukan, tidur malam kurang dari lima jam secara rutin dikaitkan dengan peningkatan signifikan akumulasi lemak visceral dan subkutan pada orang dewasa berusia kurang dari 40 tahun.

Tidur yang buruk dikaitkan dengan penumpukan lemak tubuh, serta resistensi insulin. Tidur yang lebih baik akan mengurangi stress dan membantu menghilangkan lemak.

5. Minum air putih

Dikutip dari Eating Well, saat kamu mengalami dehidrasi, kamu tidak mengetahui apakah tubuh kamu lapar atau hanya haus.

Ketika kamu ingin camilan di siang hari, coba minum segelas air dan tunggu beberapa menit sebelum menilai kembali seberapa lapar kamu.

Air juga membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan mengurangi rasa kembung. Kamu bisa membawa botol dan menambahkan irisan timun untuk menambahkan rasa.

6. Jangan melewatkan makan

Kamu mungkin pernah dengan sengaja melewati waktu makan untuk mengurangi jumlah kalori harian kamu. Namun, tak jarang kondisi ini justru bisa merugikan kamu.

Ketika kamu melewatkan sarapan atau waktu makan lainnya, kamu mulai mengalami lapar berlebihan, sehingga membuat kamu keinginan mengonsumsi makanan yang kurang bergizi.

7. Mengonsumsi protein

Protein berperan membantu mengurangi lemak perut dengan meningkatkan massa otot dan metabolisme, sekaligus mencegah rasa lapar.

Pola makan yang tinggi protein dapat meningkatkan thermogenesis yang membantu kamu membakar lebih banyak kalori.

Mengonsumsi protein dapat meningkatkan kepuasan setelah makan yang membantu kamu lebih sedikit kalori. (*)

Reporter: jpgroup

Update