Rabu, 17 Agustus 2022

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Masih Kosong, Membersihkan Racun hingga Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berita Terkait

Ilustrasi minum air putih. (Dok. JawaPos) Putih

batampos – Minum segelas air putih di pagi hari ketika bangun tidur dan perut masih kosong banyak manfaatnya. Salah satunya dapat membersihkan usus besar setelah membantu menyerap nutrisi lebih cepat.

Harvard Medical School merilis artikel, mengonsumsi lebih dari 6 gelas air sehari baik untuk metabolisme tubuh.

Selain itu minum air akan menyehatkan pencernaan, menghilangkan racun dari tubuh, dan mencegah dehidrasi.

Disarankan juga untuk lebih banyak minum, terutama bagi orang yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti masalah jantung, penyakit tiroid, penyakit ginjal, dan hati, dan mereka yang sedang minum obat.

Jadi untuk menjawab berapa banyak air yang harus diminum seseorang dalam sehari, para ilmuwan Harvard mengatakan, tidak ada aturan yang cocok untuk semua orang. Asupan air harus individual dan harus dikonsultasikan profesional kesehatan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu untuk memastikan bahwa mereka mengambil jumlah air yang tepat.

Mereka yang banyak berkeringat saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik apa pun harus minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Aturan umum untuk orang yang banyak berkeringat dan aktif adalah 2 hingga 3 gelas air per jam.

Jadi, sebelum minum secangkir kopi atau teh di pagi hari, ingatlah untuk minum segelas air putih. Berikut beberapa manfaat minum air putih saat perut kosong seperti dilansir dari Science Times oleh Web News Observer, Kamis (2/6).

Baca juga : Ini Kata Ahli tentang Teh Hijau & Lemak Perut

1. Air Membantu Metabolisme
Minum air saat perut kosong dapat membersihkan usus besar setelah membantu menyerap nutrisi lebih cepat. Memulai hari dengan minum sebotol air membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 24 persen, dan selanjutnya membantu menurunkan berat badan.

2. Membuang Racun Tubuh
Minum air di pagi hari membantu mendetoksifikasi tubuh karena mengeluarkan racun. Melakukannya membantu menghilangkan unsur-unsur beracun dalam tubuh dan meninggalkan sistem yang sehat dalam bentuk kulit bercahaya dan otot serta sel darah baru. Yang terbaik adalah memulai hari dengan minum air setelah bangun tidur.

3. Mencegah dan Menyembuhkan Sakit Kepala
Minum air dingin di pagi hari sangat membantu dalam mengobati sakit kepala. Sebuah laporan mengklaim bahwa berkurangnya kadar air dalam tubuh menyebabkan sakit kepala di pagi hari, yang menandakan orang tersebut untuk minum air.

4. Mengatasi Sembelit
Selain itu, membantu mengatasi sembelit yang terjadi ketika tubuh tidak atau sangat sedikit buang air besar karena kekurangan air. Jadi, awali hari Anda dengan minum segelas air untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi sembelit.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Minum air putih saat perut kosong di pagi hari membantu menyeimbangkan sistem limfatik, memperkuat respons imun, dan mencegah orang mudah terkena penyakit. (*)

Reporter : JPGroup

Update