Sabtu, 13 April 2024

Lima Tips untuk Melindungi Mobil dari Pencurian

Berita Terkait

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Mobil milik Fendik Hidayat yang empat rodanya raib dicuri maling saat diparkir di pinggir rumahnya, di Dusun Sambong Santren, Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang, Minggu (5/3) lalu. (radarjombang)

batampos – Lima tips ini bisa anda ikuti untuk melindungi mobil dari pencurian kendaraan yang semakin marak. Pencuri tidak hanya mengincar mobilnya, bahkan sparepart atau bagian-bagian mobil, seperti velg hingga spion mobil juga jadi sasaran maling.

Seperti dialami mobil milik Fendik Hidayat, 40 yang empat rodanya raib dicuri maling saat diparkir di pinggir rumahnya, di Dusun Sambong Santren, Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang, Minggu (5/3) lalu.

Pencurian mobil tidak hanya merugikan secara finansial, juga dapat mengakibatkan kerugian dalam bentuk waktu dan energi. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan untuk meminimalisir risiko pencurian.

Baca juga:Takut Hampa saat Lebaran, Rossa Pilih Mudik

Untuk menghindari terjadinya pencurian dan hal-hal yang tidak diinginkan, berikut lima tips yang bisa disimak untuk melindungi mobil Anda dari pencurian.

1. Pasang Alarm pada Mobil Anda

Memasang alarm pada mobil dapat membantu mencegah pencurian. Alarm yang baik akan mengeluarkan suara keras ketika mobil dicuri atau ada yang mencoba membukanya secara paksa.

Hal ini akan membuat pencuri mobil merasa terganggu dan cenderung meninggalkan mobil Anda. Ada berbagai jenis alarm yang bisa Anda pilih untuk terhindar dari niat buruk pencuri mobil antara lain seperti

Alarm berbasis gerakan yang mampu mendeteksi gerakan dengan sensor sehingga jika ada yang mencoba membuka pintu atau jendela mobil, benda ini akan berbunyi. Alarm berbasis suara yang bisa mengeluarkan suara keras ketika ada yang mencoba membuka pintu, jendela, atau merusak mobil.

Suara alarm yang keras akan menarik perhatian orang di sekitar mobil dan membuat pencuri mobil merasa terganggu. Sementara alarm berbasis pengamanan pintu dan jendela yang akan terpicu ketika ada yang mencoba membuka pintu atau jendela mobil tanpa menggunakan kunci yang sah.

Sensor pada alarm ini dapat mendeteksi ketika ada tekanan yang diberikan pada pintu atau jendela. Ada juga alarm berbasis tekanan ban yang akan berbunyi jika ada perubahan tekanan pada ban mobil, misalnya ketika ban mobil dilepas atau ditembus. Alarm ini biasanya dipasang pada mobil yang memiliki velg dan ban yang mahal.

2. Pasang Sistem Immobilizer pada Mobil Anda

Sistem immobilizer akan mematikan mesin mobil jika kunci yang tidak sah digunakan untuk menghidupkan mesin mobil. Hal ini akan membuat mobil tidak dapat digerakkan oleh pencuri mobil.

Anda dapat memasang sistem immobilizer pada mobil Anda di beberapa bengkel resmi. Atau, jika tidak di bengkel resmi, pastikan untuk memilih bengkel dengan reputasi yang baik.

3. Parkir di Tempat yang Aman

Selanjutnya, pilihlah tempat parkir yang aman dan terang. Jangan parkir di tempat yang sepi atau di sudut yang gelap. Selalu usahakan parkir di tempat yang terlihat oleh banyak orang. Jika memungkinkan, parkir di dekat tempat yang dijaga atau di kamera CCTV.

4. Jangan Meninggalkan Barang Berharga di dalam Mobil

Hindari menaruh benda seperti tas, laptop, atau ponsel di dalam mobil, apalagi jika mobil Anda memiliki jendela yang tidak gelap. Hal ini bisa mengundang niat pencuri mobil bahkan perampok.

Tak hanya bisa membuat Anda kehilangan barang berharga, risiko yang membahayakan keselamatan Anda juga bisa muncul jika pelaku pencuri mobil sudah semakin nekat. Jika terpaksa Anda harus meninggalkan barang di dalam mobil, pastikan barang tersebut tidak terlihat dari luar atau disimpan di kompartemen yang aman.

5. Gunakan Kunci Ganda atau Pengaman Tambahan

Pengaman tambahan seperti gembok stang atau pedal dapat membantu mencegah pencurian mobil. Selain itu, gunakan kunci ganda atau kunci tambahan untuk mengunci pintu dan jendela mobil. Hal ini akan membuat mobil lebih sulit untuk diakses oleh pencuri.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, demikian beberapa tips untuk membantu mencegah pencurian mobil. Selalu ingat untuk selalu waspada dan hati-hati ketika memarkir mobil di tempat umum. (*)

reporter: jp group

Update