Jumat, 23 Februari 2024

Lima Tips Menata Kulkas Biar Muat Banyak, Tetap Rapi & Stok Pangan Baik

Berita Terkait

Ilustrasi buah-buahan dan stok pangan tersimpan dalam kondisi baik dan rapu di dalam kulkas. (jawapos.com)

batampos – Lima tips menata kulkas perlu disimak biar muat banyak, tapi tetap rapi dan stok pangan dalam kondisi baik. Pastinya dengan menjalankan tips ini membuat isi kulkas tidak berantakan.

Pandemi Covid-19 yang melanda tiga tahun terakhir ini sedikit banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Salah satu hal yang sekarang berubah dan mungkin kita sendiri merasakan adalah kebiasaan baru menyimpan stok pangan jadi dalam bentuk beku atau frozen food atau bahan pangan siap santap lainnya di dalam kulkas yang perlu disimpan dalam keadaan dingin.

Kebanyakan orang menyimpan makanan jadi jelas untuk dikonsumsi nanti, sebagai persediaan atau jika ingin dimakan sewaktu-waktu. Selain untuk tujuan mengawetkan makanan, alasan masyarakat sekarang gemar menyimpan makanan beku atau mendinginkannya adalah karena kepraktisannya.

Itu tadi, bisa dimakan atau dimasak kapanpun kita mau. Dari daging, ikan, bakso, nugget, sayuran seperti kentang, wortel, labu dan lain-lain hingga buah-buahan beraneka warna, kini bisa kita simpan semuanya dalam kulkas.

Baca juga:Member TREASURE Ingin Coba Kuliner Indonesia

Nah, untuk menyimpan stok makanan agar tetap dalam kondisi baik, tentunya kulkas kita juga harus dalam kondisi baik. Selain itu, penataan yang baik juga perlu dilakukan agar kulkas tidak hanya rapih, tapi juga tetap bersih dan sehat Selain itu, pentingnya menjaga kulkas agar isinya tidak berantakan adalah untuk memastikan bahwa sirkulasi pendinginannya berjalan baik.

Jadi, pangan beku atau stok bahan makanan lainnya di dalam kulkas bisa lebih awet, sehat dan tahan lama karena. Berikut cara menjaga kulkas agar tidak berantakan, bisa tetap bersih dan pastinya muat banyak.

1. Pemilihan Kulkas
Untuk bisa merasakan kepraktisan menyimpan frozen food sendiri nggak harus punya kulkas yang mahal. Yang terjangkau saja bisa. Asal itu tadi, dalam kondisi baik, syukur-syukur kalau ada rencana membeli yang baru.

Nah, buat Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli kulkas baru untuk menyimpan frozen food Anda agar tetap fresh dan siap santap kapanpun Anda mau, banyak kulkas baru dan terjangkau tersedia di pasaran saat ini.

Untuk mendukung penyimpanan pangan beku dan pendinginan yang baik, tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan aspek desain. Misalnya memilih kulkas dengan tampilan desain ala lemari kaca yang eye catching.

2. Memaksimalkan Setiap Rak
Kulkas hadir dengan rak-rak penyimpanan yang sengaja dibuat untuk mengakomodir kebutuhan konsumen. Supaya bisa muat banyak walaupun kulkasnya kecil, penting untuk bisa memaksimalkan peran dan fungsi rak kulkas.

Nggak serta merta kulkas didesain demikian. Ada fungsinya. Setiap ruang dan rak kulkas punya tugas sendiri dan perlu dimaksimalkan. Misalnya kalau kulkas memiliki tiga susun rak, paling atas biasanya digunakan untuk menyimpan coklat, mentega, keju, yogurt dan makanan lainnya yang nggak butuh pendinginan terlalu ekstrem.

Rak tengah bisa menyimpan makanan matang, saus-saus dan bahan sejenisnya. Sementara rak bagian bawah bisa digunakan untuk menyimpan daging, ikan, dan makanan mentah. Selain rak yang terbagi menjadi rak tengah, rak bawah, ada juga area laci, dan pintu kulkas.

Isi semua rak dengan rapih dan sesuaikan dengan jenis makanan. Di laci misalnya, bisa diisi buah dan sayuran, setelah dicuci dan dibersihkan. Jangan letakkan daging segar di rak atas karena suhunya relatif lebih hangat.

Selain itu, maksimalkan juga laci untuk meletakkan sayuran, serta bumbu atau selai di pintu kulkas selain untuk menaruh soft drink atau mungkin sekadar air mineral. Dengan menggunakan semua rak secara efisien, alhasil kamu, para bunda bisa memastikan seluruh makanan tetap terjaga dan terjamin kesehatannya. Juga, kulkas bisa jadi muat lebih banyak.

3. Pakai Wadah Tambahan
Selain menata rak sedemikian rupa, supaya kulkas bisa muat banyak, sehat dan nggak berantakan, opsi lainnya yang bisa dipilih adalah menggunakan wadah tambahan. Bisa wadah atau boks solid, atau plastik kemasan juga nggak masalah. Asal pastikan wadahnya food grade alias aman buat makanan.

Namun sebelum itu, pastikan makanan dan wadah penyimpanan telah dicuci bersih. Kamu dapat memilih wadah persegi atau persegi panjang, untuk menghemat ruangan kulkas. Selain itu, ada baiknya memilih wadah yang tembus pandang, jadi kamu nggak perlu repot mencari sayur ketika akan diolah.

Apakah raknya kuat? Kuat. Jika kulkas yang dipilih adalah kulkas bikinan Polytron yakni keluarga Belleza misalnya seri PRA 18DMY, kulkas ini mendukung pengguna untuk menggunakan wadah-wadah penyimpanan tambahan.

Kulkas Polytron Belleza PRA 18DMY pada bagian interiornya mengusung konsep Tempered Glass Rack. Ini merupakan rak elegan yang terbuat dari bahan kaca. Kuat dan solid, rak ini mampu menahan beban hingga 160 kg.

Kekuatannya bahkan 20 kali lebih kuat dari rak biasa. Terlebih kebanyakan kulkas sejenis di pasaran saat ini biasanya hanya menggunakan rak dari material plastik sehingga pada kulkas koleksi Polytron kali ini, Anda jadi tidak perlu takut kalau ingin menggunakan wadah tambahan.

Untuk desainnya sendiri, Kulkas Polytron Belleza PRA 18DMY ini juga sudah menggunakan tempered glass pada pintu sehingga membuat desain kulkas yang lebih elegan.

4. Pangan Beku Masukan di Freezer
Kalau area bawah, area rak, pintu kulkas dan laci kulkas sudah rapih, sekarang giliran menata bagian paling atas. Ini adalah freezer. Seluruh pangan beku, disini tempatnya. Anda bisa menyimpan frozen food, pangan beku lainnya di area freezer ini.

Es krim dan jajanan anak juga boleh masuk, tempatkan pada area yang mudah dijangkau. Jadi saat hendak dimakan, mengeluarkannya tidak repot. Untuk kebutuhan kulkas dengan freezer lega, Polytron Belleza PRA 18DMY juga mendukung hal tersebut.

Kulkas ini hadir dengan Jumbo Freezer dengan kapasitas mencapai 180 liter. Kulkas dengan Jumbo Freezer ini cocok banget buat Anda yang suka menyetok frozen food dalam jumlah banyak.

Apa saja bisa masuk mulai dari makanan beku, snack atau es krim untuk buah hati tercinta. Selain freezer-nya lega, untuk kepraktisan pengguna adalah kulkas ini punya fitur Twist and Ice. Tempat es batu dengan fitur Twist and Ice dapat dengan mudah mengeluarkan es batu dengan satu kali putar saja.

Anda yang gemar minum dingin, bikin dessert yang butuh es cepat atau tiba-tiba ada tamu dan perlu es batu untuk melepas dahaga bisa dengan mudah menggunakan fitur ini. Twist and Ice, tinggal putar, es langsung keluar.

5. Sudah Rapih Wajib Bersih
Terakhir, untuk memastikan kulkas sehat setelah ditata rapih, kita juga mesti rajin membersihkan kulkas secara berkala. Kenapa ini penting? Ini karena bakteri dalam rak atau dinding kulkas bisa mengontaminasi bahan makanan. Asal sudah tau tips dan trik menata kulkas supaya rapih, muat banyak dan sehat, kegiatan bersih-bersih kulkas tidak akan jadi hal yang membebani.

Kamu cuma perlu mengeluarkan seluruh isi kulkas, sortir bahan makanan yang membusuk, lalu bersihkan kas dengan campuran air sabun dan air hangat. Jangan lupa untuk selalu menggunakan beberapa handuk atau lap bersih, ya.

Tak hanya bagian dalam, jangan lupa bersihkan pintu bagian luar. Kita sering kali menyentuh bagian handle pintu kulkas dan membuatnya terpapar kotoran. Tak hanya itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan tampilan kulkas agar dapur tetap terlihat cantik.

Freezer juga jangan lupa dibersihkan. Bebas ribet, kulkas 1 Pintu Polytron Belleza PRA 18DMY memiliki Semi Auto Defrost. Fitur ini sangat berguna untuk mencairkan bunga es dengan satu tombol praktis tanpa pelu mematikan unit kulkas. Buat yang suka menyimpan makanan beku, fitur Semi Auto Defrost di kulkas Polytron ini jelas sangat praktis.

Pasalnya, pemilik yang hendak mencairkan bunga es dan ingin membersihkan freezer tidak perlu repot-repot membongkar dan memasukkan lagi muatan di freezer. Kebersihan dan gizi pangan juga tidak khawatir berkurang. Sudah rapih, bersih, sehat juga nomor satu.

Nggak perlu takut rusak, Polytron menjamin lemari pendinginnya ini dengan garansi lima tahun. Dapatkan semua fitur lengkap dari Polytron Belleza PRA 18DMY di website resmi Polytron atau di e-commerce kesayangan Anda. (*)

Reporter: jpgroup

Update