Senin, 22 April 2024

Lima Manfaat Ekstrak Biji Anggur, Tingkatkan Aliran Darah – Cegah Penyakit Alzheimer

Berita Terkait

Ilustrasi makan buah anggur dan ekstrak biji anggur juga bermanfaat bagi kesehatan (halodoc)

batampos – Selain buah anggur, ternyata ekstrak biji anggur juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sedikitnya lima manfaat ekstrak biji anggur, dua di antaranya meningkatkan aliran darah/mengencerkan darah dan mencegah penyakit alzheimer.

Biji anggur biasanya sering dibuang karena memiliki rasa pahit, sehingga rasa pahit bisa merusak rasa buah anggur yang manis.

Faktanya ekstrak biji anggur kaya akan antioksidan, termasuk asam fenolik, antosianin, flavonoid, dan kompleks proanthocyanidin oligomer.

Baca Juga:Busana Heaven Light Decennia Tonjolkan Budaya Timur, Dipadukan Motif Etnik Oriental

Ekstrak biji anggur merupakan suplemen makanan yang dibuat dengan membuang, mengeringkan, dan menghancurkan biji anggur yang rasanya pahit.

Selain itu, ekstrak biji anggur juga menjadi sumber proanthocyanidins yang paling dikenal, karena kandungan antioksidannya tinggi, dapat membantu mencegah penyakit, dan melindungi dari stres oksidatif, kerusakan jaringan, serta peradangan.

Salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan tekanan darah, yang dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik secara signifikan bagi seseorang konsumsi biji anggur tiap hari.

Dilansir JawaPos.com dari laman healthline, berdasarkan penelitian pada 810 orang dengan tekanan darah tinggi atau peningkatan risiko, menemukan bahwa mengkonsumsi 100-2.000 mg biji anggur atau GSE setiap hari.

Secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 6,08 mmHg dan masing-masing 2,8 mmHg.

Sementara, studi lain pada 29 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan, bahwa mengkonsumsi 300 mg biji anggur setiap hari menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5,6%, dan tekanan darah diastolik sebesar 4,7% setelah 6 minggu.

Selain dapat menurunkan tekanan darah, ada beberapa manfaat ekstrak biji anggur lainnya yang perlu diketahui banyak orang.

5 manfaat ekstrak biji anggur bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat meningkatkan aliran darah

Ekstrak biji anggur juga dapat meningkatkan aliran darah.

Berdasarkan penelitian menemukan bukti, bahwa wanita pascamenopause yang sehat, mengkonsumsi biji anggur dapat memberikan efek pengencer darah, sehingga berpotensi mengurangi risiko pembekuan darah.

Di samping itu, biji anggur juga dapat meringankan pembengkakan kaki.

2. Obat anti kanker

Selain itu, ekstrak biji anggur telah menunjukkan potensi untuk menghambat kanker payudara, paru-paru, lambung, mulut, hati, prostat, dan pankreas, serta biji anggur juga telah membuktikan efek berbagai jenis kemoterapi.

3. Mencegah penyakit alzheimer

Kombinasi flavonoid dari sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada biji dari buah anggur diperkirakan dapat menunda atau mengurangi timbulnya penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Salah satu komponen dalam biji anggur adalah asam galat, yang dapat menghambat pembentukan fibril oleh peptida beta-amyloid.

Sehingga biji anggur dapat mencegah kehilangan memori, meningkatkan status kognitif dan tingkat antioksidan otak, serta mengurangi lesi otak.

4. Dapat meningkatkan fungsi ginjal

Ginjal sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif yang tidak reversibel, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa biji dari buah anggur dapat mengurangi kerusakan ginjal, dan meningkatkan fungsi dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan inflamasi.

5. Dapat menghambat infeksi

Biji dari buah anggur memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menjanjikan, karena hal tersebut menunjukkan biji anggur dapat menghambat pertumbuhan bakteri hewan makanan yang umum.

Itulah beberapa manfaat ekstrak biji anggur bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui banyak orang.(*)

Reporter: jp group

Update