Senin, 4 Maret 2024

Lidah Buaya Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Berita Terkait

Lidah buaya banyak manfaatnya bagi tubuh. (dok jawapos)

batampos – Lidah buaya bisa menurunkan kadar gula darah.

Berdasarkan studi dalam Phytomedicine: Jurnal Internasional Phytotherapy dan Phytopharmacy menyebutkan bahwa mengonsumsi dua sendok makan lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat penurun glukosa disarankan tidak mengonsumsi lidah buaya karena dapat mengakibatkan penurunan kadar gula darah yang membahayakan tubuh.

Tumbuhan yang berasal dari Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canary ini juga dikenal luas sebagai obat alami yang membantu penyembuhan luka dan meredakan paparan sinar matahari.

Baca juga: Mengolah Kayu Manis untuk Penderita Diabetes

Dilansir dari Healthline, manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangat banyak selain untuk menurunkan kadar gula dara, diantaranya:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Lidah buaya mengandung senyawa glikosida antrakuinon yang berperan sebagai pencahar alami.

Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mengatasi sakit perut akibat sembelit dengan batasan konsumsinya berkisar 0,04 hingga 0,17 gram per hari.

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan lidah buaya sebagai obat alami tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat medis agar tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, penggunaan obat kumur lidah buaya secara rutin juga dapat mengurangi plak gigi hingga mengatasi rasa sakit dan pendarahan pada gusi.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Pembaca Menyukai Novel Thriller

Obat Luka Alami

Lidah buaya mengandung polifenol yang kaya akan antioksidan yang berperan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tanaman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan kondisi kulit tertentu seperti luka dan luka bakar. (*)

Reporter: Jpgroup

Update