Sabtu, 4 Februari 2023

Kelola Stres, Lakukan Hobi yang Disukai

Berita Terkait

Ilustrasi – Melakukan hobi bisa menjadi salah satu cara mengelola stres. (dokumen jawapos).

batampos – Mengelola stres dengan baik banyak caranya. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas yang disukai. Seperti melakukan hobi.

Aktivitas yang menyenangkan diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam hidup. Jadi tidak kegiatan tidak melulu hanya maslah pekerjaan.

“Seringkali ketika fokus dalam suatu persoalan seperti pekerjaan, kita melupakan perlunya melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi diri kita seperti melakukan hobi, berekreasi, relaksasi,” ujar Psikolog klinis Lathifah Utami, anggota Himpunan Psikologi Indonesia.

Lathifah juga mengungkapkan cara mengelola stres yang baik agar tidak berujung kepada gangguan kesehatan mental dengan mengenali akar masalah.

Baca juga: Mandi Air Hangat Merelaksasi Otot, Mengurangi Stres

“Kenali akar masalah dan tetapkan langkah penyelesaiannya,” kata Lathifah dikutip ANTARA, Rabu.

Ia mengatakan jika seseorang merasa kesulitan untuk mengatasinya, carilah orang yang dipercaya atau anggap kompeten seperti tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater untuk berdiskusi.

Dengan demikian, masalah bisa dilihat dari sudut pandang lain. Diskusi itu juga menghasilkan referensi penyelesaian masalah yang berbeda. “Harapannya, kita menjadi lebih siap dalam mengatasi tekanan tersebut,” katanya.

Menurut Lathifah, tekanan pasti selalu ada dalam hidup yang datang dari keluarga, pertemanan bahkan pekerjaan. Stres sebenarnya dibutuhkan manusia agar dapat berkembang, namun tekanan itu haris dikelola secara konstruktif agar memberikan manfaat, bukannya dampak buruk.

Baca juga: Selain Kunyit dan Jahe, Teh Hijau Masuk dalam Herbal Antistres

Dia juga menyarankan untuk membuat prioritas, sebab stres dapat muncul ketika beragam tugas, tanggung jawab atau pilihan hadir di hadapan seseorang secara bersamaan. “Maka dari itu, membuat prioritas dapat menjadi langkah awal,” katanya.

Tentukan prioritas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Dengan demikian, seseorang dapat lebih fokus dalam menyelesaikan persoalan dan menentukan langkahnya.

Setelah berusaha segenap tenaga, yang terakhir bisa dilakukan adalah berdoa dan ikhlas atas hasilnya.

“Ketika upaya sudah dikerahkan untuk mengatasi suatu masalah, maka serahkan dan pasrahkan hasilnya kepada tuhan YME,” katanya.

Berdoalah untuk dapat hasil yang terbaik. Tetapi bila apa yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan tetap yakinkan hati bahwa itu memang hal terbaik dan pasti ada pelajaran yang bisa dipetik. (*)

Reporter : Antara

Update