Selasa, 9 Agustus 2022

Kaum Perempuan, Ayo Vaksin HPV

Berita Terkait

ILUSTRASI SERVIKS (Dok. JawaPos.com )

batampos– Dua kanker yang sangat ditakuti kaum hawa adalah kanker serviks dan payudara. Kanker ini dipicu virus Human Pappiloma Virus (HPV). Walaun mematikan, ternyata kanker ini dapat dicegah dengan vaksin.

Konsultan Onkologi Ginekologi & Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) Dr dr Brahmana Askandar, Sp.OG(K)-Onk mengatakan, menurut data GLOBOCAN 2020, kanker serviks merupakan kanker perempuan terbanyak kedua dengan jumlah kasus 36.633 (17,2 persen) di Indonesia. Secara medis, HPV adalah penyebab utama kanker serviks. Kanker itu dapat dicegah melalui vaksinasi HPV.

BACA JUGA: Hindari Kanker Payudara, Jangan Tunda Pemeriksaan

“Kanker serviks membunuh 57 perempuan Indonesia setiap harinya. Lebih dari 21 ribu keluarga di Indonesia setiap tahunnya ditinggalkan oleh ibu, anak perempuan atau istri karena kanker serviks,” kata dr. Brahmana.

Meninggalnya sosok ibu atau istri dalam keluarga mengakibatkan beban sosial begitu besar bagi kelangsungan dan kesejahteraan keluarga.

Pendapat itu juga dikemukakan Brahmana dalam diskusi bersama Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) didukung oleh PT. Merck Sharp & Dohme Indonesia (MSD) secara virtual baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, Kemenkes telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan HK.01.07/MENKES/6779/2021. SK menteri terkait Program Introduksi Imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) tahun 2022-2024.

Vaksinasi itu dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di DKI Jakarta, Daerah Istimewa (DI) Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Kota Makassar pada tahun 2022-2023. Dan, di seluruh kabupaten/kota di wilayah Indonesia pada 2024. (*)

Reporter: Jpgroup

Update