Jumat, 19 Juli 2024

“Kaftan Lesti”, Tren Baju Lebaran Paling Dicari di Pasar Tanah Abang

Berita Terkait

batampos– Kaftan dan kurta menjadi model yang paling banyak diburu pengunjung Pasar Tanah Abang sebagai busana untuk merayakan Hari Raya Lebaran.

Khusus untuk busana perempuan, kaftan ala selebritas Lesti Kejora menjadi pilihan favorit di Lebaran tahun ini.

“Sekarang ini trennya model kaftan terutama model kaftan Lesti, untuk (busana lebaran) laki-laki model koko kurta lagi ramai,” kata salah seorang pedagang busana muslim di kawasan Blok A Tanah Abang, Muhammad Herlan Apriantito pada Selasa.

“Kaftan Lesti” sebetulnya mirip kebanyakan baju jenis gamis yang lain, hanya saja memiliki aksen serut samping dengan model lebih elegan dengan aksen renda-renda di bagian bahu. Adapula yang memiliki aksen lipit di bagan bawah.

Sementara bagi pria, baju model kurta menjadi favorit di tahun ii.

Herlan, sapaan akrab pria yang erjualan baju muslim itu menambahkan selain kaftan, busana gamis juga ramai peminatnya terutama di kalangan remaja. Kemudian dia mengatakan bahwa setiap rentang usia memiliki tren busana muslim yang berbeda terutama busana muslim wanita.

Ilustrasi sejumlah baju kaftan yang dijual di kawasan Blok A Tanah Abang, Muhammad Herlan Apriantito pada Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Farhan Ardha nugraha)

“Buat remaja-remaja kebanyakan kayak gamis standar polos, mencarinya yang lebih fashionable dan kekinian. Kalau buat ibu-ibu ramainya model kaftan,” kata Herlan.

Untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian lebaran, pedagang busana muslim di Pasar Tanah Abang menyediakan pakaian-pakaian lebaran yang mengikuti tren yang sedang ramai di kalangan masyarakat.

BACA JUGA:Fresh & Elegan dengan Baju Muslim dari Kain Tenun NTT

“Biasanya mendekati lebaran ini udah pada mulai mencari (pakaian lebaran), kan pelanggan kebanyakan sudah mengetahui tren-tren sekarang, jadi kita produksi busana mengikuti tren,” kata Herlan.

Untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan busana muslim jelang hari raya Idul Fitri, pedagang di Pasar Tanah Abang meningkatkan tingkat ketersediaan pakaian yang akan dijual dari jauh-jauh hari. Toko busana milik Herlan sendiri menyediakan layanan pemesanan daring jika ada pelanggan yang ingin memesan dalam jumlah besar.

Salah satu pengunjung, Siti Rohmah, sengaja menyempatkan waktu berbelanja ke Pasar Tanah Abang untuk mencarikan busana kaftan dan gamis yang akan dipakai oleh dia dan anak-anaknya pada hari raya Idul Fitri nanti. “Untuk sekarang ya trennya gamis dan kaftan,” kata Siti.

Kaftan dan kurta dibanderol dengan harga mulai dari Rp175.000. (*)

reporter: antara

Update