Senin, 27 Mei 2024

Ini Langkah Merawat dan Cegah Kulit Kering

Berita Terkait

ilustrasi

batampos– Bagi wanita dewasa, risiko kulit kering akan semakin besar seiring. Ini karena disebabkan berkurangnya produksi kolagen, sebum, dan kadar air dalam kulit.

Namun tak hanya itu, kesalahan pada saat memilih krim perawatan kulit yang cocok juga dapat mengakibatkan kulit yang awalnya tipe normal berubah menjadi kering.

Dokter kecantikan dr. Ratna Defi, M. Biomed (AAM) mengatakan bahwa tipe kulit normal biasanya cenderung tidak memiliki masalah. Akan tetapi, jika salah dalam menggunakan dan memilih krim, maka hal ini akan menjadi masalah.

“Kenapa? Karena hilangnya barrier kulit. Nah, itu akan menyebabkan kulit yang tadinya normal menjadi kering. Kenapa? Karena barrier yang seharusnya melindungi kulit akan hilang,” kata Ratna melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kondisi kulit kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Kulit yang kering juga akan menyebabkan riasan kosmetik (makeup) yang digunakan malah tampak retak atau mengelupas. Oleh sebab itu, berikut empat langkah solusi yang dapat dilakukan untuk merawat dan mencegah kulit kering.

Hindari membasuh wajah dengan suhu air yang terlalu panas
Membasuh tubuh dan wajah dapat membuat Anda menjadi rileks, apalagi setelah seharian beraktivitas di luar. Namun, membasuh tubuh, terutama bagian wajah, dengan menggunakan air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi dehidrasi dan semakin kering.

BACA JUGA:Ini Cara Perawatan Kulit menuju Glowing dan Sehat

Pilihlah produk pembersih wajah yang tidak menyebabkan iritasi
Apabila memilih produk pembersih wajah yang salah, wajah bisa menjadi iritasi kemudian membuat wajah jadi semakin kering.

Untuk membersihkan wajah, pemilik tipe kulit kering disarankan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah atau cleanser yang mengandung aloe vera agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Selalu gunakan produk pelembab setelah membersihkan wajah
Membersihkan wajah tentunya merupakan tahap yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, membersihkan wajah juga bisa membuat wajah menjadi kering, terlebih apabila kita terlalu sering melakukannya.

Maka dari itu, untuk menghindari kulit semakin kering setelah dibersihkan, segera gunakan produk pelembab agar kelembaban kulit terjaga.

Konsumsi suplemen untuk nutrisi kulit
Terakhir, konsumsi suplemen untuk kulit. Selain merawat kulit dari luar dengan berbagai macam skincare, jangan lupakan untuk tetap merawat kulit dari dalam menggunakan suplemen yang berfungsi untuk menutrisi kulit. (*)

sumber: antara

Update