Jumat, 12 Agustus 2022

Ini Dia Batasan Konsumsi Gula Untuk Cegah Diabetes

Berita Terkait

ILUSTRASI Latte. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

batampos.co.id – Konsumsi gula memang tak bisa dihindari dalam keseharian. Gula banyak tersembunyi di makanan dan minuman. Sebut saja nasi, aneka roti dan kudapan manis lainnya, dua sendok gula dalam kopi, yogurt rasa, dan soda.

Ternyata batasan orang dewasa boleh mengonsumsi gula dalam sehari yakni hanya 50 gram. Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, mengonsumsi gula secara berlebihan dalam makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Dilansir dari CNet, Rabu (24/11) ahli diet terdaftar Amy Shapiro menguraikan persis seperti apa asupan gula cerdas dan bagaimana menjaga kadar gula sepanjang hari. Berapa sih takaran gula yang tepat?

“Secara umum kami ingin menjaga gula tambahan kurang dari 10 persen dari total kalori,” katanya.

Baca juga : Olah Raga dengan Intensitas Tinggi Efektif Cegah Diabetes

Rekomendasi untuk pria tidak lebih dari 9 sendok teh gula atau 150 kalori gula tambahan. Dan untuk perempuan dan anak-anak 6 sendok teh gula atau 100 kalori gula tambahan setiap hari.

Ketika berbicara tentang gula, kata dia, penting untuk memperjelas jenis gula. Sebab ada perbedaan nyata antara gula yang ditambahkan ke makanan dan gula yang ditemukan secara alami dalam makanan.

“Rekomendasi batasan itu untuk gula tambahan,” katanya.

Bagaimana dengan gula alami dari buah?

Gula alami datang bersama dengan manfaat kesehatan tambahan seperti air, serat, vitamin, dan mineral, sehingga tidak dibatasi secara luas. Namun, jika Anda memiliki masalah berat badan atau jika ingin mencegah diabetes, Anda mungkin perlu memperhatikan takaran gula alami juga.

Makanan utuh mengandung gula alami tetapi juga memiliki serat, vitamin, dan mineral. Jadi, jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, ambillah sepotong buah. Tips lainnya adalah membiasakan diri memeriksa label nutrisi untuk mengecek kandungan gula.

Gula Tersimpan Licik dalam Makanan Licik

Menurut Shapiro, kebanyakan orang mendapatkan asupan gula dari makanan seperti sereal, granola, yogurt, energy bar, makanan yang dipanggang, jus, minuman kopi, dan bahkan makanan diet atau makanan bebas lemak. Padahal, makanan ini harus diwaspadai. Atau setidaknya periksa kembali kandungan gulanya sebelum Anda menganggapnya sebagai pilihan yang lebih sehat.

“Granola itu alami tetapi jika ditambahkan gula tentu jadi tak sehat. Lalu yogurt beraroma, itu banyak sekali,” kata Shapiro.

Lalu minuman manis seperti kopi dengan gula, latte, dan sirup bisa menambah kadar gula darah dengan cepat. Pilihan yang lebih baik adalah mencoba kopi tanpa pemanis. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update