Sabtu, 4 Februari 2023

Ini 3 Fitur HP yang Jarang Diketahui, Tapi Bermanfaat

Berita Terkait

Fitur haptic feedback pada ponsel Samsung. (ANTARA/HO-Samsung Electronics Indonesia)

batampos – Kecanggihan teknologi yang merambah ke telepon gemgam atau ponsel terus berlajan. Ada ada saja fitur fitur di sebuah ponsel yang bertambah. Penambahan fitur itu sebenaranya bermanfaat untuk pemakai, cuman kitajarang mengetahuinya.

Samsung dalam siaran pers, Senin (28/11), melaporkan terdapat tiga fitur tersembunyi yang perlu diketahui pengguna supaya pengalaman menggunakan ponsel semakin maksimal.

BACA JUGA: Fitur di Ponsel Dianggap Nggak Guna dan Mubazir

1. Side key
Setiap momen adalah kesempatan berharga untuk diabadikan. Untuk menangkap momen itu, pengguna seringkali harus bergerak cepat. Tombol daya (power) memiliki fungsi selain untuk menyalakan dan mematikan ponsel, yaitu side key.

Klik dua kali tombol daya, perangkat akan langsung membuka kamera. Fitur side key itu bisa digunakan bahkan dalam kondisi ponsel terkunci sekalipun.

Fitur side key bisa dinyalakan melalui pengaturan (setting), pilih advanced features, kemudian side key. Nyalakan fitur “double press” dan pilih “quick launch camera” supaya ponsel membuka kamera ketika pengguna memencet dua kali tombol daya.

2. Restart berkala
Ingin mabar dengan teman-teman? Mulai ulang (restart) ponsel secara berkala supaya performa ponsel terjaga dan tidak melambat “lag”.

Ponsel memiliki fitur auto restart, ponsel secara otomatis akan melakukan restart pada jam yang sudah diatur. Kunjungi pengaturan baterai (battery and device care) pada pengaturan ponsel.

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih “automation”. Pilih “auto restart at set times” dan atur waktu restart otomatis pada jam yang diinginkan.

3. Haptic feedback
Banyak sekali aktivitas sehari-hari yang bisa dibantu dengan keberadaan ponsel. Maka itu, penting sekali gawai terus menyala selama jam-jam produktif.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menghemat daya ponsel adalah dengan mematikan haptic feedback, yaitu getaran yang muncul ketika menyentuh layar ponsel, terutama ketika sedang mengetik.

Mematikan haptic feedback akan membantu menghemat daya karena ponsel tidak perlu menjalankan fungsi tambahan ketika menggunakan ponsel. (*)

reporter: antara

Update