Selasa, 21 Mei 2024

Gaya Hidup Minimalis di Era Modern, Ini Tips dan Manfaatnya

Berita Terkait

Tips Merawat dan Memberi Perintah Anjing Pudel

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Ilustrasi Hidup Gaya Minimalis. (Vlada Karpovich/ Pexels.com)

batampos – Gaya hidup minimalis di era modern adalah secara sengaja hidup dengan harta benda yang lebih sedikit dan lebih fokus pada benda yang sangat diperlukan. Arti lainnya adalah hidup dalam kesederhanaan.

Gaya hidup minimalis kini memang banyak ditemukan. Bahkan banyak publik figur menjalani pilihan gaya hidup minimalis dibanding dengan gaya hidup hedonis.

Orang dengan gaya hidup minimalis seringkali membeli barang yang diperlukan, bukan yang diinginkan. Lalu, bagaimana cara hidup dengan lebih minimalis? Berikut tips dan caranya.

Baca Juga:Denny Sumargo ke Pesantren, Gus Miftah: Pasti Ada Yang Dipelajari

4 tips menjalani hidup minimalis, sebagai berikut:

1. Utamakan kualitas, bukan kuantitas.

2. Membeli barang yang dibutuhkan saja.

3. Menggunakan kembali barang-barang yang sudah dimiliki

4. Memilah barang di rumah dan menyingkirkan barang yang tidak terpakai.

Ada 4 manfaat gaya hidup minimalis, sebagai berikut:

1. Menguras stress, ketika terdapat banyak barang yang berantakan di rumahmu, terkadang sebanyak apapun kamu membersihkannya, selalu saja menjadi berantakan lagi.

Hidup minimalis dengan barang yang lebih sedikit mungkin saja bisa mengurangi rasa stress ketika melihat tumpukan yang berantakan di rumahmu.

2. Membeli barang yang dibutuhkan saja, gaya hidup minimalis mengajarkan introspeksi dan refleksi diri mengenai hal apa saja yang penting dalam hidupmu. Hidup minimalis mendorongmu untuk lebih fokus pada hal yang penting untuk pertumbuhan pribadi.

Dengan memastikan bahwa kebutuhanmu terpenuhi dengan cukup, dan tidak berlebihan, kamu dapat lebih efektif mengatur hirarki kebutuhan oleh Abraham Maslow menuju aktualisasi diri.

3. Membuat pikiran menjadi lebih fokus, memiliki banyak barang yang berantakan dapat membuat pikiran menjadi sibuk sehingga sulit untuk fokus dan mudah terdistraksi.

Dengan gaya hidup minimalis, pikiranmu bisa menjadi lebih damai dan tenang sehingga kamu bisa fokus pada hal yang penting dalam hidupmu.

4. Belajar untuk menahan diri, hidup minimalis mengajarkan kita agar terbiasa untuk melepas setiap obsesi, keinginan, harapan, impian yang tidak perlu dan fokus pada apa yang penting bagi dirimu sendiri.

Melepas kebiasaan konsumtif dan belajar untuk menahan diri bisa memberikan kamu lebih banyak pilihan dan kesempatan di masa depan.(*)

Reporter: jpgroup

Update