Senin, 27 Mei 2024

Enam Jurusan Kuliah Terpopuler di Dunia, Prospek Bagus & Menjanjikan Masa Depan

Berita Terkait

Tips Merawat dan Memberi Perintah Anjing Pudel

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Ilustrasi mahasiswa belajar di Perpustakaan. (timeshighereducation.com)

batampos – Enam jurusan kuliah ini terpopuler di dunia, lulusannya dinilai memiliki prospek karier bagus dan cukup menjanjikan masa depan.

Memilih jurusan saat memasuki dunia perkuliahan perlu dipikirkan secara matang. Sebab, bidang keilmuan cukup berpengaruh terhadap karir di masa depan.

Masalah yang kerap muncul bagi sebagian siswa saat menjelang lulus sekolah adalah belum menemukan jurusan yang tepat untuk dipilih.

Ada yang masih bingung dalam menentukan karir atau karena tidak tahu prospek yang bagus dan menjanjikan untuk masa depan.

Baca Juga:Konser BMTH Hari Kedua Dibatalkan, Hari Pertama Berakhir Chaos

Jika masih bingung ingin berkarir sebagai apa, hal itu bisa disiasati dengan memilih jurusan yang fleksibel. Agar ilmu yang didapat nantinya tetap bermanfaat dalam bidang apapun yang dijalani kelak.

Sementara, bagi yang belum mengetahui prospek yang bagus, kamu bisa memilih jurusan-jurusan yang saat ini sedang populer.

Dilansir Jawapos.com, dikutip dari Ehef, berikut jurusan-jurusan kuliah yang populer dan memiliki prospek bagus ke depannya.

1. Teknik

Teknik adalah jurusan yang populer hampir bagi seluruh perguruan tinggi di dunia. Jurusan teknik memiliki banyak spesialisasi. Gelar teknik dibutuhkan di setiap lini industri. Selain itu, permintaan lulusan teknik juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Lulusan teknik dapat membuat teknologi yang membantu kehidupan manusia menjadi lebih efisien. Jurusan teknik sendiri masih memiliki banyak cabang keilmuan yang lebih spesifik.

Adapun cabang keilmuan dari jurusan teknik antara lain, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Kimia, dan masih banyak lagi sesuai dengan minat dan kebutuhan.

2. Ilmu Komputer

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa peluang kerja untuk para genius komputer sangat luas. Permintaan tenaga ahli komputer oleh berbagai perusahaan sangat tinggi apalagi di era informasi teknologi.

Ada beberapa spesialisasi dari jurusan ilmu komputer yang paling populer. Diantaranya adalah

Video Game & Multimedia, Sistem Informasi, Ilmu Data, dan lainnya. Kamu tinggal memilih sesuai minat yang disukai.

3. Desain

Bidang keilmuan ini cocok bagi kamu yang kreatif dan memperhatikan setiap detail dalam menyusun sebuah rencana atau produk.

Desainer memiliki peran utama di balik setiap gagasan dalam merancang sebuah produk seperti, paket makanan, situs web, dan banyak lagi.

Sebagai lulusan jurusan desain, kamu bisa memilih untuk menjadi desainer grafis, digital marketing, atau editor periklanan.

4. Fashion

Jurusan ini mungkin kurang begitu populer di Indonesia. Tetapi, jurusan ini memiliki peminat yang cukup tinggi di seluruh dunia dengan prospek karir yang cukup menjanjikan.

Jurusan ini bisa menjadi pilihan apabila kamu adalah seseorang yang sangat tertarik dengan gaya, tren, pakaian, dan aksesoris.

Beberapa karir yang bisa dipilih berdasarkan keilmuan di bidang fashion, antara lain perancang busana, jurnalis mode, kritikus mode, dan manager merk.

5. Hukum

Hukum merupakan ilmu yang paling penting dan dibutuhkan dalam berbagai lini kehidupan. Hukum selalu menjadi landasan bagi setiap bidang, baik untuk menetapkan standar maupun dalam konteks manajerial.

Bagi lulusan Hukum ada beberapa pilihan karir yang dapat dipilih kelak sesuai dengan cabang keilmuan yang ditempuh.

Ada Hukum pidana, jika ingin memiliki karir sebagai pengacara, jaksa, maupun hakim. Hukum ketenagakerjaan, bagi yang ingin bergelut dalam bidang manajemen SDM.

Juga ada Hukum perdata, jika kamu ingin memiliki prospek karir sebagai penasehat hukum ataupun notaris.

6. Bisnis

Bagi kamu yang ingin membangun impian menjadi seorang pengusaha, kamu bisa memilih jurusan ilmu bisnis dan manajemen. Kamu dapat memulai dengan bisnismu sendiri atau bekerja sama dengan orang lain.

Beberapa studi yang populer dan memiliki prospek bagus untuk jurusan bisnis adalah manajemen, pemasaran, startup development, dan lain-lain.

Prospek karir yang menanti di masa depan antara lain, auditor, manajer divisi, pengawas keuangan, atau bahkan bisa menjadi seorang investor.(*)

Reporter: Jp group

Update