Kamis, 25 April 2024

Empat Tips agar Aman dari Aplikasi Berbahaya yang Beredar di Play Store

Berita Terkait

Inovasi yang Terinspirasi dari Alam

Manfaatkan Turbin Ventilator di Rumah

Aplikasi asal-asalan sering menjadi sarang malware. Hati-hati, jangan asal download. (IBC24)

batampos – Aplikasi berbahaya dapat menimbulkan ancaman keamanan yang serius pada perangkat Android Anda. Simak empat tips agar tetap aman dari aplikasi berbahaya yang beredar di Play Store.

Saat ini ada dua sistem operasi atau OS populer yang kita gunakan sehari-hari di perangkat genggam kita. Kedua OS tersebut yakni iOS dari Apple dan Android dari Google. Nah, menyuplai berbagai aplikasi di OS tersebut, ada dua toko aplikasi yang juga biasa kita gunakan.

Baca juga:Buat Karakter Pao Harus Berimajinasi

Apple punya App Store yang dikenal sangat ketat dalam mengontrol peredaran aplikasi di toko resmi mereka. Nggak sembarang pengembang bisa menjajakan aplikasi bikinan mereka di toko aplikasi Apple. Nggak heran, OS ini diyakini lebih privat dan lebih aman.

Di sisi lain, Android punya Google Play Store yang lebih bebas menampilkan beragam aplikasi yang bisa diinstal pengguna. Apa saja tersedia di Play Store, dari yang paling vital sampai yang recehan, semua ada.

Karena lebih bebas, Google Play Store kerap menawarkan aplikasi asal-asalan yang justru menjadi sarang virus, malware, spyware, dan berbagai jenis bibit kejahatan siber. Fakta baru kembali ditemukan oleh pakar keamanan dunia maya di Dr.Web yang telah menemukan jenis spyware baru, yang dijuluki “SpinOk”, di lebih dari 100 aplikasi Android yang tersedia di Play Store.

Bahkan, aplikasi ini kabarnya telah diunduh lebih dari 400 juta kali dari Google Play Store. Jika benar, bayangkan berapa banyak pengguna yang menghadapi potensi kerentanan gara-gara menginstal aplikasi asal di Play Store.

Aplikasi berbahaya dapat menimbulkan ancaman keamanan yang serius pada perangkat Android Anda. Meskipun Google Play memiliki tim pakar keamanan yang bekerja untuk mencegah publikasi aplikasi berbahaya, aplikasi yang buruk nyatanya masih dapat lolos dari celah.

Dilansir dari Gizchina, Kamis (8/6), berikut beberapa kiat untuk membantu Anda tetap aman dari aplikasi berbahaya di Google Play:

1. Hanya unduh dari sumber tepercaya

Hanya unduh aplikasi dari sumber tepercaya. Google Play Store adalah tempat teraman untuk mengunduh aplikasi. Namun, sebaiknya tetap berhati-hati, bahkan saat mengunduh aplikasi dari Play Store.

2. Baca ulasan sebelum mengunduh

Baca ulasan sebelum mengunduh aplikasi. Carilah aplikasi yang memiliki peringkat tinggi dan ulasan positif. Namun, ketahuilah bahwa ulasan dapat dipalsukan, jadi sebaiknya Anda juga mencari ulasan eksternal.

3. Curigai aplikasi yang meminta terlalu banyak izin

Kemudian, waspadalah terhadap aplikasi yang meminta terlalu banyak izin. Aplikasi seharusnya hanya memerlukan izin yang diperlukan agar dapat berfungsi. Namun, jika sebuah aplikasi meminta banyak izin yang tampaknya tidak perlu, itu adalah tanda bahaya.

4. Selalu perbarui aplikasi Anda

Pengembang aplikasi sering merilis pembaruan keamanan untuk memperbaiki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh aktor jahat. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Anda untuk melindungi diri Anda dari ancaman terbaru. (*)

Reporter: jpgroup

Update