Senin, 22 Juli 2024

Buat Karakter Pao Harus Berimajinasi

Berita Terkait

Chef Diana Cahya bersama para peserta intimate Baking Class di Kemang, Jakarta, Jumat (26/5). (Hanung Hambara/Jawa Pos)

batampos – “Membuat karakter pao harus berimajinasi,” kata chef Diana Cahya. Tepung, filling, dan bahan lain tidak akan cantik tanpa imajinasi. Raut muka karakter pao bisa dengan ekspresi senang, sedih, menangis, atau marah.

Melihat pao dengan bentuk dan warna lucu-lucu seperti ini bikin tidak tega untuk memakannya. Namun, sayang juga kalau hanya dipandangi. Kita juga bisa membuatnya sendiri untuk snack anak atau camilan teman minum teh.

Misalnya, mau membuat telinga karakter babi dan kucing yang punya bentuk berbeda. Untuk telinga kucing, bisa dibuat lebih tipis dan berbentuk segitiga. Sementara itu, telinga babi agak tebal dan berbentuk bulat.

Imajinasi juga bermain ketika membentuk raut muka character pao. ”Bagian bibir yang dilukis menggunakan charcoal pencil akan menentukan ekspresi character pao,” ujarnya saat ditemui di acara Intimate Baking Class with Chef Diana Cahya di Kemang, Jakarta, Jumat (26/5)  lalu. Mau ekspresi senang, sedih, menangis, atau marah.

Baca Juga:Bantah Selingkuh, Inge Anugrah: Aku merasa enggak bahagia, enggak didengar, merasa kecil

Selain itu, Diana memberikan trik agar pao lembut dan bulat sempurna. Membuat pao yang lembut, menurut dia, harus memastikan gula yang di-mixer tercampur. Selain itu, adonan harus kalis. Kondisi kalis yang dimaksud itu berbeda dengan kalis pada roti.

Jika pada roti, adonan terlihat kalis ketika ditarik. Namun, pada pao, adonan kalis itu yang meskipun tanpa ditarik sudah terlihat mulus dan kenyal. ”Kalau waktu dibulatin adonan belum bisa halus, artinya masih stres. Diamkan dulu,” katanya.

Lalu, untuk memberikan isian, adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat sekitar 30 gram dipipihkan. Bagian pinggir lebih tipis dan bagian tengah cekung. Setelah isian dimasukkan, lalu sisi pinggir disatukan. Mirip kuncir. Lalu, letakkan bagian kuncir di telapak tangan kiri dan sisi luar tangan kanan melakukan gerakan memijat ke arah kuncir.

”Harus sering latihan. Untuk kali pertama, bentuknya belum sempurna, it’s ok,” ungkap chef demonstrator dan character food creator tersebut. Bisa berkreasi dengan beragam bentuk dari karakter-karakter yang disuka. Selain tampilan yang menarik, rasanya menggoda. (*)

Reporter: jpgroup

RESEP CHARACTER PAO

BAHAN A

150 gram terigu protein rendah

20 gram tepung maizena

40 gram tepung tangmien

40 gram gula pasir

1 gram ragi instan

BAHAN LAINNYA

100 ml air

20 ml minyak sayur

¼ sdt garam

Pewarna makanan sesuai selera

FILLING

30 gram red bean filling paste

30 gram pandan bun filling paste

PROSES PEMBUATAN

– Campur bahan A hingga merata.

– Tambahkan air, lalu mixer hingga tercampur.

– Masukkan minyak sayur dan sedikit garam, mixer kembali hingga kalis.

– Bagi adonan bila ingin sebagian diberi pewarna makanan sesuai selera.

– Timbang adonan, masing-masing 30 gram, lalu bulatkan adonan.

– Beri isian dan hias sesuai selera.

– Diamkan hingga mengembang, lalu kukus selama 11 menit.

TIPS

– Tutup adonan yang sudah kalis dengan plastik. Jangan pakai kain karena ada pori porinya yang mengakibatkan adonan jadi kering.

– Adonan sehabis diuleni itu bisa ”stres” juga. Jadi, biarkan dulu sampai relaks.

– Gunakan air matang –sedikit saja– untuk jadi perekat ketika membentuk hidung, mata, dan detail lainnya.

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan