Rabu, 10 Agustus 2022

Diet Sehat, Bonus Langsing

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

Tawaran Gaji Rp 1,1 M untuk Pencicip Permen

Ilustrasi asupan makanan untuk diet (Diet Doctor)

batampos – Diet sehat tetap wajib memperhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang. Tidak berlebihan saat mengonsumsi nutrisi, akan membuat tubuh lebih ideal.

VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto, mengatakan tren positif masyarakat untuk menjalani hidup sehat dan mengontrol berat badan harus diimbangi dengan akses layanan kesehatan. Maka masyarakat dapat menerapkan diet sehat secara tepat sesuai dengan kondisi tubuh.

”Solusi diet sehat harus terintegrasi, terpercaya, dan lengkap termasuk untuk mendukung gaya hidup sehat,” tegas Adeline dalam webinar kampanye HaloDiet dari Halodoc, Selasa (14/6).

Dokter Spesialis Gizi Halodoc dr. Shiela Stefani M.Gizi, Sp.GK, AIFO K, FINEM, Dokter Spesialis Gizi Halodoc, mengatakan meskipun tren diet meningkat, masyarakat masih belum memahami diet yang baik dan benar untuk tubuh. Menurutnya banyak masyarakat melakukan diet yang salah. “Melakukan diet bukan berarti tidak boleh makan sama sekali, melainkan mengatur pola makan dengan baik dan menjaga kandungan nutrisinya,” kata dr. Shiela.

Baca juga : Minum Teh Hijau untuk Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Selain itu, kata dia, macam-macam jenis diet sangat banyak ditemukan, namun tidak semua jenis diet cocok untuk tubuh kita sendiri. Sehingga, ia juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa berkonsultasi dengan dokter juga menjadi hal penting sebelum memulai diet.

“Dokter akan membantu kita untuk mengenali kondisi dan kebutuhan tubuh kita sehingga diet menjadi hal yang menyehatkan, bukan menambah risiko penyakit,” tegas dr. Shiela.

Untuk keberhasilan diet yang sehat, dr. Shiela membagikan tips:

1. Pilih Asupan Karbohidrat

Misalnya memilih makanan sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks yakni tidak cepat diubah menjadi gula darah seperti nasi. Karbohidrat kompleks misalnya seperti umbi-umbian, pisang, dan oatmeal.

2. Hindari Lemak Jenuh

Pilih sumber protein yang rendah lemak. Lalu menghindari lemak jenuh seperti minyak goreng dan santan kental.

3. Jangan Lupa Buah dan Sayur

Jangan lupa serat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi tubuh.

4. Olahraga

Jangan lupa melakukan olahraga teratur supaya membakar banyak kalori dan mencegah metabolis memelambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

5. Suplemen jika Perlu

Dokter juga akan memberikan rekomendasi seperti jenis suplemen yang bisa dikonsumsi untuk mendukung diet, hingga aktivitas dan gaya hidup sehat yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan proporsi tubuh. (*)

Reporter : JPGroup

Update