Minggu, 5 Februari 2023

Celine Dion Didiagnosa Penyakit Stiff Person Syndrome

Berita Terkait

Celine Dion (jawapos)

batampos – Celine Dion didiagnosa penyakit Stiff Person Syndrome. Celine Dion mengaku sudah beberapa tahun mengelami penyakit ini.

Penyakit saraf ini tergolong langka. Penderitanya seringkali mengalami kejang dan kaku karena penyakit ini.

”Sayangnya, kejang memengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari saya. Terkadang menyebabkan kesulitan saat berjalan dan tidak memungkinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya,” kata Celine Dion lewat video, seperti dilansir dari Inquirer, Jumat (9/12).

Penyakit Autoimun

Kepala Pengobatan Neuromuskuler di Universitas Thomas Jefferson, Marinos Dalakas, mengatakan Stiff Person Syndrome adalah penyakit autoimun yang berkaitan dengan sistem kekebalan. Setiap otot dalam tubuh memiliki otot yang berlawanan dan ketika satu berkontraksi, yang lain berelaksasi.

Baca juga: BLACKPINK Raih Gelar Entertainer of the Year 2022 Versi Majalah Time

”Dengan SPS, kedua otot berkontraksi secara bersamaan dan tetap tegang untuk waktu yang lama,” kata Dalakas.

Misalnya, otot perut dan punggung bisa berkontraksi. Kejang dapat memengaruhi otot apa pun. “Kami tidak tahu mengapa beberapa orang mengalaminya dan yang lain tidak,” katanya.

Pemicunya

Kejang dapat dipicu oleh apapun yang menyebabkan kegembiraan. Misalnya sentuhan, stres, suara, cahaya yang tidak terduga. Tubuh tidak bisa rileks sendiri dan pengalaman itu bisa sangat menyiksa.

Pengobatan

Pasien sering diobati dengan kombinasi obat untuk mengurangi ketegangan otot dan stres. Perawatan seperti upaya globulin imun intravena untuk melawan masalah autoimun yang mendasarinya.

Tingkat respons terhadap pengobatan bervariasi. Penyakit ini jarang terjadi, meskipun menurut Dalakas angka sebenarnya lebih tinggi dari 1 dalam 1 juta, seperti yang biasa dilaporkan. (*)

Reporter : JPGroup

Update