Senin, 28 November 2022

Cara Membuat Minyak Kemiri, Bisa Dimanfaatkan untuk Hair Conditioner

Berita Terkait

MENYUBURKAN: Jovanka Carstelyne mengoleskan minyak kemisi ke kulit kepala. Di kalangan wanita Indonesia, minyak kemiri menjadi salah satu yag diakui bisa membuat rambut kuat, berkilauan, dan tumbuh subur. (Angger Bondan/Jawa Pos)

batampos – Minyak kemiri banyak manfaatnya. Kandungan lemak dalam minyak kemiri baik untuk memperbaiki, meningkatkan, dan menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Menurut Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS, Guru besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, salah satu kandungan minyak kemiri adalah linoleic acid.

”Ada penelitian yang mempelajari efek linoleic acid sebagai penumbuh rambut secara topikal (pada kulit) hewan. Hasilnya menunjukkan khasiat minyak lemak itu dalam menurunkan aktivitas enzim yang memicu kerontokan rambut. Hasil itulah yang mendasari pemanfaatan berbagai produk serum berbahan linoleic acid sebagai pencegah kerontokan rambut,” terangnya.

Baca juga: Perawatan Rambut Perlu 3 Bahan Penting Ini

Linoleic acid juga bekerja sebagai pelembap untuk memperbaiki kerusakan dan kekasaran rambut. Khasiat itulah juga yang mengakibatkan penggunaan minyak yang mengandung linoleic acid sebagai hair mask atau hair conditioner sangat sesuai sebagai sumber nutrisi bagi folikel rambut.

Hal itu sesuai dengan cara pemakaian turun-temurun minyak kemiri, yaitu mengoleskannya pada kulit kepala dengan pijatan ringan. Setelah didiamkan beberapa waktu, bahkan semalaman, baru dibilas air hangat hingga bersih.
Komponen minyak lemak kemiri bisa melindungi helaian rambut dari kerusakan karena polusi dan sinar matahari.

Berikut cara sederhana membuat minyak kemiri di rumah:

1. Panggang beberapa biji kemiri berkualitas, jangan sampai hangus.
2. Hancurkan biji seperlunya.
3. Biarkan beberapa waktu hingga terlihat minyak mengalir.
4. Minyak dapat langsung digunakan.

Baca juga: Jepit Rambut, Solusi Instan Atasi Rambut Lepek Berkeringat

Cara menggunakannya pada rambut:
1. Cuci rambut hingga kulit kepala dan helaian rambut bersih.
2. Oleskan pada kulit kepala.
3. Biarkan beberapa jam atau semalaman.
4. Cucilah dengan air hangat.
5. Lakukan sekali seminggu.

Untuk hasil maksimal harus dipakai secara teratur. (*)

Reporter : JPGroup

Update