Jumat, 19 Juli 2024

Brain Fog, Sering Ngeblank Dipicu oleh Stres, Ini Cara Menanganinya

Berita Terkait

Ilustrasi seorang wanita mengalami brain fog atau suka ngeblank atau sering lupa sesaat. (freepik_wayhomestudio)

batampos Brain fog adalah suatu sindrom, di mana seseorang kesulitan untuk memusatkan fokus, memiliki konsentrasi buruk dan sering mengalami lupa sesaat (ngeblank).

Adapun beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya brain fog seperti kurang tidur, stres, efek samping obat-obatan, perubahan hormon hingga masalah kesehatan tertentu.

Kondisi medis yang sering kali menyebabkan brain fog adalah Covid-19, meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab brain fog pasca Covid-19.

Namun, terdapat dugaan bahwa kondisi brain fog, sering terjadi karena penyintas Covid-19 cenderung merasa lesu, kurang tidur, dan stres selama mengidap penyakit.

Selain Covid-19, kondisi medis yang dapat memicu terjadinya brain fog adalah penyakit autoimun, anemia, dan demensia.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals, pada Rabu (22/11) ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menangani brain fog adalah sebagai berikut:

Rutin berolahraga
Rutin berolahraga dapat mengatasi brain fog, karena mampu melancarkan sirkulasi darah serta mengoptimalkan proses regenerasi sel saraf di dalam otak.

Karena itu, ada baiknya untuk berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Kelola stres
Penting untuk mengelola stres sebaik mungkin, guna mencegah terjadinya kondisi lupa sesaat yang mengganggu fungsi kognitif pada otak.

Anda dapat mengelola stres dengan melakukan hal-hal positif yang menyenangkan, seperti berpartisipasi dalam kegiatan sosial, bermeditasi, atau berbagi cerita dengan kerabat dekat.

Baca Juga:Menyegarkan, 7 Minuman Ini Bantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh!

Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
Otak berperan penting dalam fungsi kognitif, sehingga memerlukan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang agar dapat bekerja dengan optimal, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan daging ikan.Dalam mengatasi brain fog, disarankan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Pasalnya, mengonsumsi alkohol secara berlebihan beresiko membahayakan sel saraf hingga menghancurkan sel-sel di dalam otak.

Tidur yang Cukup
Salah satu penyebab lain terjadinya ngeblank adalah kurang tidur. Maka, penting bagi setiap individu untuk mencukupi waktu tidurnya, antara tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

Tidur Siang 30 Menit

Untuk terhindar dari sindrom brain fog. Bila perlu, anda juga dapat mengoptimalkan daya ingat dengan tidur siang selama 30 menit.(*)

Reporter: jp group

Update