Minggu, 26 Mei 2024

Menyegarkan, 7 Minuman Ini Bantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh!

Berita Terkait

Ilustrasi minuman yang bisa meningkatkan sistem imun. (frepik.com)

batampos – Gaya hidup yang sehat membantu meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Dengan makan dan minum yang bernutrisi membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh terus menerus aktif serta mencari tahu sel mana yang menjadi bagian tubuh, mana yang tidak. Kamu perlu menjaga dosis vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga energinya tetap aktif.

Beberapa minuman ini baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:Cara Memilih Buah yang Matang Berkualitas

1. Air

Tubuh kita mengandung sekitar 60 hingga 70% air dan setiap organ tubuh memerlukan air. Mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup merupakan awal yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Eat This Not That, ketika tubuh dehidrasi akan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan virus. Sehingga penting untuk kita memastikan minum air dalam jumlah yang tepat.

Aturan minum yang baik adalah setengah dari berat badan kamu dalam ons cairan. Air juga bisa membantu penyerapan nutrisi dan menjaga selaput lendir di hidung, mulut, dan tenggorokan.

Air juga komponen yang penting dari cairan limfatik yang menghasilkan sel darah putih, untuk membantu melawan infeksi.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman enak lainnya yang bisa dinikmati untuk meningkatkan pertahanan alami dari tubuh. Teh hijau kaya akan polifenol flavonoid bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan polifenol flavonoid dalam teh hijau memberikan manfaat yaitu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu, hingga mengatasi peradangan sistemik.

Penelitian dalam jurnal Molecules, teh hijau dapat memperkuat kekebalan tubuh melalui antioksidan yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif.

3. Kefir

Kefir merupakan minuman fermentasi seperti yoghurt. Kefir kaya akan berbagai probiotik bermanfaat yang membantu menjaga keseimbangan mikroba pada saluran pencernaan.

Bakteri baik dalam kefir yang disebut Lactobacillus Kefiri. Penelitian dalam jurnal Nutrients mengatakan, kefir memberikan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, penyembuhan luka, dan banyak manfaat kesehatan.

4. Teh jahe lemon

Teh yang dibuat dengan menggabungkan parutan jahe dan air lemon ke dalam air panas. Teh jahe lemon ini kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal membantu melindungi dari sel kerusakan oksidatif.

Vitamin C juga membantu menolak respons imun negatif. Selain itu, jahe juga memiliki sekitar 100 senyawa bioaktif yang membantu meminimalkan mual, mengurangi risiko kanker, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan dan hingga manfaat lainnya.

5. Jus jeruk

Jus jeruk baik untuk melawan virus pilek dan flu hingga membantu melawan kekebalan tubuh. Penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti-inflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh. Jus jeruk kaya akan nutrisi dan menyediakan lebih dari 100 persen total vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari dalam satu porsi.

6. Jus buah berry

Kamu bisa mencampurkan beberapa buah berry, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry dengan air kelapa atau susu almond.

Buah beri mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Jus tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan likopen, antioksidan, karotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan dikenal meredakan peradangan sistemik.

Sup tomat menjadi makanan yang direkomendasikan ketika sedang flu atau pilek karena kandungan vitamin C di dalamnya. (*)

Reporter : jpgroup

Update