Kamis, 30 Mei 2024

Cara Memilih Buah yang Matang Berkualitas

Berita Terkait

Tips Merawat dan Memberi Perintah Anjing Pudel

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

ilustrasi cara memilih buah matang berkualitas. (radarbogor)

batampos – Saat berbelanja di buah di pasar atau supermarket, terkadang membingungkan untuk memilih buah mana yang telah matang atau belum. Seringkali buah yang dipajang oleh pedagang dan terlihat segar tidak sama dengan buah yang ada di dalam boks.

Maka pembeli harus pintar-pintar memilih buah agar mendapat sesuai keinginannya. Mengetahui buah yang matang atau belum juga terbilang susah.

Baca Juga:5 Faktor Pendorong Selingkuh Menurut Pakar Sosiologi Keluarga

Yakni manakah buah yang matang namun segar baru dipetik atau buah yang matang karena sudah lama berada di toko. Agar dapat memilih buah yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan ketika membeli buah.

Sehingga buah-buahan yang dibeli berkualitas dan tidak mengurangi kandungan vitamin di dalamnya. Simak beberapa tips memilih buah yang berkualitas saat berbelanja.

Pertama, perhatikan warnanya.

Buah-buahan yang segar akan berwarna cerah sementara buah yang tidak lagi segar berwarna terlalu tua. Melihat warna buah juga menentukan tingkat kematangannya. Hindari buah yang berwarna pucat karena menandakan buah belum cukup matang.

Kedua, perhatikan kulit buahnya.

Buah yang masih segar kulitnya masih bagus dan tidak rusak. Sementara buah yang tidak lagi segar kulitnya akan keriput, lembek, layu atau rusak.

Ketiga, tekan dan perhatikan teksturnya.

Bagian badan buah yang ditekan biasanya terasa empuk namun tidak lembek. Jangan pilih yang keras karena buah tersebut masih mentah.

Keempat, cium aroma buah.

Buah yang matang memiliki aroma segar dan manis. Buah yang belum matang biasanya beraroma sepat atau tidak memiliki aroma. Sementara buah yang busuk akan beraroma menyengat dan tidak enak.

Selain cara memilih buah seperti yang telah disebutkan, ada juga cara lain memilih buah berkualitas sesuai jenis buahnya.

Hal ini dibagikan oleh akun instagram @rosalineyulianti melalui unggahan videonya.

Untuk buah semangka, pilih yang memiliki bercak kekuningan (field spot) yang menandakan semangka tersebut memiliki rasa manis. Field spot berarti semangka sudah matang ketika dipanen.

Perhatikan juga warna pada buah semangka. Jangan pilih semangka yang warnanya lebih terang, sebaliknya pilihlah semangka yang sudah berwarna gelap.

Kalau hendak membeli melon, perhatikan dulu bagian bawahnya dimana terdapat lingkaran bekas batang melon.

Apabila titik lingkarannya masih hijau, maka tandanya melon belum cukup matang. Pilihlah melon yang titik lingkarannya sudah berwarna putih.

Selain itu, carilah melon yang memiliki pola jaring rapat. Jangan mengambil melon yang pola jaringnya tidak rapat atau jarang-jarang.ada alpukat, selain memencet buahnya untuk memastikan alpukat telah matang coba gerakkan buah alpukatnya.

Apabila terdengar bunyi dari bijinya, maka alpukat tersebut sudah matang. Itu karena biasanya biji alpukat yang telah matang akan terlepas dari dagingnya.(*)

Reporter : jpgroup

Update