Rabu, 17 April 2024

Bisa Hilangkan Noda Teh & Kopi yang Membandel, Pasta Gigi Banyak Manfaatnya

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Dari menghilangkan noda kopi dan teh, pasta gigi memiliki banyak kegunaan. (sumber: pexels/Isil)

batampos – Pasta gigi banyak manfaatnya. Salah satunya adalah menghilangkan noda teh dan kopi yang membandel di mug.

Caranya aplikasikan pasta gigi pada spons yang sudah dibasahi, lalu gosokkan ke mug dengan lembut. Selanjutnya, bilas hingga bersih untuk menghilangkan sisa pasta gigi dan noda yang terangkat.

Pasta gigi dipakai lantaran punya kandungan bahan abrasif ringan, yang dirancang khusus untuk secara lembut menghilangkan penumpukan seperti plak pada gigi.

Bahkan beberapa varian pasta gigi menyertakan soda kue atau hidrogen peroksida dalam formulanya, membuatnya bukan hanya pembersih gigi, tetapi juga alat pembersih rumah tangga multifungsi.

Menurut Better Homes & Gardens, yang perlu diingat adalah tidak semua pasta gigi dibuat sama. Ketika menggunakan pasta gigi sebagai trik pembersihan, pastikan bahwa yang digunakan adalah jenis pasta gigi berwarna putih.

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman Yang Bisa Merusak Gigi

Hindari pasta gigi gel, pasta gigi arang, atau pasta gigi berwarna untuk anak-anak, serta pasta gigi pemutih, karena pewarna atau bahan pemutih di dalamnya dapat menimbulkan kerusakan permanen.

Berikut noda dan benda yang dapat dibersihkan dengan pasta gigi selain mug yang terkena noda kopi atau teh:

1. Mengkilapkan/menggosok tembaga
Manfaatkan pasta gigi yang dicampur dengan kain lembut untuk memoles tembaga dan menghapus noda yang membandel.

Gosokkan pasta gigi secara lembut ke permukaan logam dengan gerakan memutar, dan biarkan kain yang lembut mengangkat noda tersebut.

Setelah kilau tembaga telah kembali, bilaslah dengan air panas dan keringkan menggunakan kain bersih.

Baca juga: Tips Memilih Parfum Sesuai dengan Kepribadian, Aroma Floral Cocok untuk yang Suka Bergaul

Ketika Anda memiliki anak kecil, dan dengan semangat kreatifnya mereka mencoret dinding, lantai, furnitur kayu, atau permukaan keras lainnya sebagai media ekspresinya dengan krayon atau spidol, jangan khawatir jika tampilan tersebut sulit dihapus.

Coba manfaatkan pasta gigi sebagai solusi ajaib. Oleskan sedikit pasta gigi ke area yang dihiasi, berikan gerakan memutar untuk menyebarkan pasta gigi.

Selanjutnya, gunakan kain microfiber yang sudah dibasahi untuk menggosok area tersebut, dan pasta gigi akan mengangkat noda krayon atau spidol di permukaan tersebut.

3. Membersihkan tapak setrika
Jika tapak setrika terasa kaku dan terdapat penumpukan seiring waktu yang dapat mengganggu performanya, pasta gigi menjadi solusi ajaibnya.

Pasta gigi tidak hanya efektif untuk mengatasi endapan seperti kanji atau residu perekat, tetapi juga bisa membantu menghilangkan bekas gosong.

Pastikan setrika sudah sepenuhnya dingin sebelum mengaplikasikan pasta gigi.

Oleskan pasta gigi tipis-tipis ke kain kering, gosok lembut ke tapak setrika. Bersihkan sisa-sisa pasta gigi, dan akhiri dengan membersihkan tapak setrika menggunakan kain bersih dan lembab untuk memastikan kembali kebersihan dan kinerja yang optimal.

4. Perlengkapan dari bahan krom
Manfaatkan pasta gigi untuk merawat perlengkapan krom yang membutuhkan sentuhan poles cepat.

Aplikasikan sejumlah kecil pasta gigi ke perlengkapan menggunakan kain kering, kemudian gosoklah dengan lembut hingga perlengkapannya bersinar dan mengkilap.

5. Menghilangkan sisa buih sabun
Mengatasi penumpukan sisa sabun di wastafel, pintu kamar mandi, dan kamar mandi fiberglass dapat menjadi tugas yang mudah dengan bantuan pasta gigi.

Berikan sejumlah kecil pasta gigi ke kain microfiber yang sudah dibasahi, dengan ditekan kuat, gosoklah sisa sabun dari permukaan kamar mandi, dan bilas hingga bersih dan kering setelahnya.

6. Menghilangkan lecet pada sepatu kulit, kulit paten, atau vinyl
Metode untuk mengatasi goresan juga berlaku untuk sepatu dari bahan kulit, kulit paten, dan vinil.

Berikan pasta gigi ke kain lembut, lalu gosokkan ke area yang tergores dengan gerakan memutar. Setelah itu, lanjutkan dengan menggosok sepatu hingga bersih, dan pastikan untuk mengeringkannya dengan hati-hati.

8. Membersihkan cermin
Untuk menghindari masalah kabut atau bintik-bintik yang sering muncul pada cermin setelah mandi air panas, manfaatkan pasta gigi sebagai solusi pencegahan.

Oleskan sedikit pasta gigi ke permukaan cermin, dan bersihkan secara langsung sebelum Anda memulai mandi. (*)

Reporter: jpgroup

 

Update